Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Pentunjuk Teknis Pengisian Ijazah SD, SMP, SMA 2019/2020 Terbaru

Ujian Nasional (UN) dan uji kompetensi keahlian pada tahun pelajaran 2019/2020 telah dibatalkan berdasarkan kebijakan  dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena adanya penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Untuk itu, ketentuan mengenai spesifikasi teknis, bentuk, dan tata cara pengisian blangko ijazah pendidikan dasar dan pendidikan menengah perlu disesuaikan. Aturan ini ditetapkan dalam Peraturan Sekretaris Jendral kemdikbud Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas peraturan sekretaris jenderal kementerian Pendidikan dan kebudayaan nomor 2 tahun 2020 tentang Spesifikasi teknis, bentuk, dan tata cara pengisian blangko Ijazah pendidikan dasar dan pendidikan menengah tahun Pelajaran 2019/2020.

Pada peraturan ini diuraikan beberapa pebuhanam dari peraturan Sekretaris Jendral kemdikbud Nomor 2 Tahun 2020, yaitu ketentuan pada pasal 7 yang intinya sebagai berikut.
  1. Kelulusan SD, SDLB, Program Paket A atau sederajat ditetapkan tanggal 15 Juni 2020.
  2. Kelulusan SMP, SMPLB, Program Paket B atau sederajat ditetapkan tanggal 5 Juni 2020.
  3. Kelulusan SMA, SMALB, SMK, Program Paket C atau sederajat ditetapkan tanggal 2 Mei 2020.
  4. Ketentuan tanggal kelulusan juga berlaku untuk SILN dan SPK.
  5. Kelulusan dituangkan melalui surat keterangan lulus dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat lain yang ditunjuk oleh pejabat yang berwenang.
  6. Surat keterangan lulus mencantumkan rata-rata nilai ujian sekolah.
  7. Tanggal ijazah paling cepat sama dengan tanggal kelulusan.
Pada lampiran I Peraturan ini dijelaskan tentang Spesifikasi Teknis dan Bentuk Blangko Ijazah.

Juknis Ijazah 2020
Contoh Blangko Ijazah SD
Untuk mengetahui cara mengisi atau menulis Ijazah, maka sahabat dapat membaca lampiran II pada Peraturan ini. Jadi sekolah harus benar-benar membaca dan memahami peraturan ini agar tidak terjadi kesalahan dalam pengisian ijazah. Untuk itu, sahabat dapat mengunduh dan membaca Peraturan Sekjen Kemdikbud No. 5 Tahun 2020 berikut.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Mari bersama-sama kita bagikan informasi ini agar menjadi lebih bermanfaat.

Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Unduh Pentunjuk Teknis Pengisian Ijazah SD, SMP, SMA 2019/2020 Terbaru"