Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah SD

Tak terasa semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sudah akan berakhir. Walaupun masih dalam masa Pandemi Covid-19, tetapi semua tidak berhenti beraktivitas walau dari rumah. Termasuk guru dan siswa. Sejak bulan Maret 2020, guru dan siswa telah melaksanakan belajar dari rumah secara daring atau kombinasi antara daring dan luring (blended Learning).

Kebijakan belajar dari rumah dikeluarkan oleh pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19. Walau belajar dari rumah, tentu tidak akan mengurangi makna belajar yang dapat dilakukan darimana dan kapanpun.

Sebagai persiapan kelulusan siswa kelas VI, maka wali kelas tentu harus menyiapkan nilai kelulusan. Dikutip dari Website Kemendikbud, terdapat beberapa ketentuan dalam menentukan kelulusan siswa tahun pelajaran 2019/2020, yaitiu "Bagi sekolah yang sudah melaksanakan Ujian Sekolah dapat menggunakan nilai tersebut untuk menentukan kelulusan siswa. Namun bagi sekolah yang belum melaksanakan Ujian Sekolah ada beberapa ketentuan. Kelulusan siswa SD/sederajat ditentukan berdasarkan nilai rapor lima semester terakhir (kelas 4, 5, dan 6 semester gasal), sementara nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Kelulusan siswa SMP/sederajat atau SMA/sederajat juga dapat ditentukan berdasarkan nilai rapor lima semester terakhir dan nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Sementara itu, untuk kelulusan siswa SMK/sederajat dapat ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio, dan nilai praktik selama lima semester terakhir. Kemudian nilai semester genap pada tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan".

Untuk itu, guru kelas 6 tentu sudah harus mulai membuat nilai kelulusan. Tapi biasanya menemukan masalah saat mengolah nilai, entah salah rumus atau salah menjumlahkan. Namun sahabat guru SD, utamanya guru kelas 6 tidak usah kawatir, karena Bapak Alit Sentanu sudah membuatkan sebuah aplikasi pengolahan nilai ijazah SD berbasis Excel yang praktis. Bila dirasa kurang, sahabat dapat mengeditnya karena aplikasi ini tidak dikunci secara utuh. Namun bila diminta pasword dapat memasukkan yaya.

Aplikasi ijazah SD
Tampilan Halaman Depan Aplikasi

Aplikasi ini dilengkapi dengan Identitas sekolah, kemudian Menu Muatan lokal yang dapat diedit sesuai dengan sekolah masing-masing. Dilengkapi juga dnegan identitas siswa, link menuju input nilai mata pelajaran, rekap nilai, dan reflika ijazah.

Unduh Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah SD (unduh)

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, namun apabila ada kendala dapat langsung menghubungi bapak Alit Senatanu di No. +62 857-3742-6316.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Mari bersama kita bagikan aplikasi ini kepada rekan-rekan guru kita.

Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah SD"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel