Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Selama Sekolah Tutup Akibat Pandemi Covid-19

Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi guru

Mewabahnya Covid-19 telah mempengaruhi dunia pendidikan. Menurut data UNESCO, terdapat 91% populasi siswa di seluruh dunia terkena pengaruh Pandemi Covid-19. Di dalamnya termasuk siswa yang ada di Indonesia.

Untuk membuat siswa tetap belajar selama masa pandemi Covid-19, maka Kemendikbu telah mengeluarkan program Belajar dari Rumah melalui pembelajaran jarak jauh. Program ini dituangkan dalam Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 yang intinya sebagai berikut.
  1. Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan.
  2. Memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19.
  3. Memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah.
  4. Memberikan umpan balik terhadap bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kualitatif.
Dalam pembelajaran jarak jauh, guru mempunyai peran yang sangat penting, yaitu:
  1. membantu siswa menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi,
  2. melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.
Dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, guru hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
  1. tidak membahayakan siswa. Guru harus mengutamakan keselamatan siswa. Guru harus mengupayakan untuk menciptakan pembejaran yang tidak membuat stres dan kecemasan bagi siswa dan keluarganya.
  2. Realistis. Guru harus realistis terhadap pembelajaran jarak jauh yang dapat dilakukan, sesuai dengan kondisi siswa dan lingkungannya.
Dalam mendesain dan mengiplementasikan pembelajaran jarak jauh, guru mempunyai 3 tugas, yaitu:
  1. APA isi konten/materi yang akan diajarkan
  2. SIAPA Profil belajar, kondisi, dan kebutuhan saat ini
  3. BAGAIMANA desain dan implementasi pembelajaran
Untuk leboh jelas tentang panduan pembelajaran jarak jauh bagi guru selama sekolah tutup akibat pandemi covid-19 dapat dilihat pada file berikut.


Demikian yang dapat kami  bagikan, semoga bermanfaat. Tetap patuhi anjuran pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Semoga Covid-19 segera bisa di atasi dan dunia pendidikan kembali normal.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Selama Sekolah Tutup Akibat Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel