3 Aplikasi Perekam Layar Terbaik 2020

Dalam menghadapi pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19, maka guru harus kreatif dan inovatif. Salah satunya dengan membuat media video pembelajaran. Media video dapat dibuat dengan sederhana, yaitu dengan aplikasi rekam layar laptop/PC.


Contoh Video pembelajaran yang dibuat dengan rekam layar

Video di atas merupakan salah satu contoh video pembelajaran yang dibuat dengan aplikasi rekam layar berbasis PowerPoint. Guru cukup membuat Powerpoit materi yang akan diajarkan. Tentu guru sudah tidak asing lagi dengan PowerPoint. Semua guru pasti bisa membuatnya.

Setelah Powerpoint selesai, maka guru memerlukan aplikasi perekam layar. Setelah perekam layar dihidupkan, baru kemudian guru menayangkan Powerpointnya dan menjelaskan seperti mengajar di kelas. Secara otomatis layar dan suara akan terekam. Hasilnya juga dapat diedit kembali bila ada salah.

Bagaimana sahabat, tertarik untuk membuat video pembelajaran?
Namun belum menemukan aplikasi perekam layar yang pas?
Berikut kami rekomendasikan tiga aplikasi perekam layar yang mudah untuk digunakan.

1. Screencast-O-Matic 
Screencast O Matic merupakan salah satu aplikasi perekam layar yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan hasilnya bagus. Namun untuk yang versi gratis hanya dapat merekam selama Maksimal 15 menit dan ada tulisan Sreencast O maticnya. Juka ingin merekam lebih lama, maka harus di Upgrade ke versi berbayar.

Aplikasi ini dapat langsung diunduh di Website Resmi Screencast O Matic (unduh). Jika sudah masuk pilih LAUNCH FREE RECORDER.

2. FastStone Capture
FastStone Capture merupakan aplikasi perekam layar terbaik yang kami rekomendasikan. Ukuran filenya sangat kecil, hanya 2,5 MB. Tetapi mempunya fungsi yang sudah bagus untuk merekam layar. Waktunya pun tidak dibatasi, hanya untuk versi Gratis hanya berlaku selama 30 hari sejak diinstal. Jika ingin terus menggunakan, maka harus Upgrade ke versi berbayar.

Aplikasi FastStone capture dapat diunduh pada web FastStone capture (Unduh). Unduh salah satu filenya. Biasanya sudah otomatis terunduh versi terbarunya.

3. Open Broadcast Software (OBS) Studio
Aplikasi ketiga adalah Open Broadcast Software (OBS) Studio. Selain sebagai salah satu aplikasi Brodcast untuk Streaming youtube, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk rekam layar. Hasilnya juga bagus dan gampang digunakan. Aplikasinya gratis dan langsung dapat digunakan tanpa harus membeli lisensi, tanpa batas waktu, dan file yang dihasilkan cukup kecil. Sahabat hanya perlu mengatur menu Display capture dan dan sudah langsung dapat merekan layar dengan mengklik menu Start Recording.

Aplikasi OBS Studio dapat diunduh langsung melelui Website resminya (Unduh). Pilih apilkasi sesuai dengan perangkat sahabat. Tersedia 3 jenis, yaitu untuk Windows, MacOS 10.13+, dan Linux.

Demikian yang dapat kami bagikan, semiga dapat menjadi alternatif pilihan sabahat dalam merekam layar guna membuat media pembelajaran ataupun video Tutorial. Semoga bermanfaat.
Salam Edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "3 Aplikasi Perekam Layar Terbaik 2020"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel