Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

 A. Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran

Pengetahuan pedagogi (P), pengetahuan konten (K), dan pengetahuan teknologi (T) mulai diintegrasikan dan diterapkan dalam pembelajaran. Pengetahuan  pedagogi adalah pengetahuan mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar. Pengetahuan konten merupakan pengetahuan tentang mata pelajaran yang akan dipelajari. sedangkan, pengetahuan teknologi merupakan pengetahuan tentang standar teknologi mulai dari buku, kapur dan papan tulis, atau teknologi yang lebih canggih seperti internet dan video digital. 

Integrasi ketiga pengetahuan tersebut menciptakan pengetahuan Konten Pedagogis Teknologi (KPT). Pengetahuan ini:

  1. Merupakan dasar pembelajaran menggunakan teknologi. 
  2. Memberikan pemahaman untuk menampilkan konsep menggunakan teknologi.
  3. Memberikan pemahaman tentang bagaimana teknologi melibatkan cara-cara pedagogis yang konstruktif untuk mengajarkan konten.

Tujuan utama mengintergrasikan teknologi dalam pendidikan adalah untuk memfasilitasi pembelajaran agar efektif, efisien dan menarik, serta meningkatkan kinerja.

B. Mempertimbangkan Pengalaman Belajar Siswa


Piramida pengalaman belajar

Berdasarkan bagan di atas, maka metode yang paling tidak efektif berada di bagian teratas piramida dan metode yang paling efektif berada di bagian paling bawah piramida. Semakin jauh kita bergerak ke bagian bawah piramida, maka semakin besar pengalaman pembelajarannya dan semakin banyak informasi yang mungkin dapat disimpan siswa. Dalam hal ini, guru juga harus memperhatikan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Kita juga dapat menghubungkan keterkaitan antara tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dengan pilihan metode pembelajaran, serta penggunaan teknologi dan media pembelajaran, serta berbagai sumber belajar yang ada.

C. Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran. Media pembelajaran dapat juga disebut sebagai alat bantu pembelajaran yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau keterampilan siswa sehingga mendorong terjadinya proses belajar.
Media pembelajaran mempunya beberapa manfaat, yaitu:
  1. Materi pembelajaran menjadi lebih jelas
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra
  3. Menarik keterlibatan dan motivasi siswa
  4. Memberikan pengalaman yang abstrak menjadi konkret
Media pembelajaran mempunyai beberapa jenis, yaitu:
  1. Media pembelajaran yang berfokus pada indra penglihatan siswa untuk menyampaikan materi, seperti media cetak (buku, modul, jurnal, dan peta), Model (globe, miniature), dan media nyata alam sekitar
  2. Media pembelajaran yang hanya melibatkan indra pendengaran siswa, seperti Bahasa lisan dan pesan nonverbal dalam bentuk bunyi-bunyian, music, dan bunyi tiruan.
  3. Media pembelajaran yang melibatkan indera penglihatan dan pendengan dalam proses penyampaian materi, seperti   audio visual bergerak (film, iklan, dan video), dan audio visual tidak bergerak (buku bersuara dan halaman bersuara)
  4. Media pembelajaran yang melibatkan beberapa jenis media secara terintegrasi dalam suatu pembelajaran, seperti Aplikasi computer interaktif dan non interaktif.
Media pembelajaran dapat dipilih guru dengan mempertimbangan pengalaman belajar siswa.

D. Mengenal Sumber Belajar

Sumber belajar merupakan berbagai atau semua sumber yang berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga memudahkan siswa dalam mencapai tujuan belajarnya.

Sumber belajar dapat berupa:
  1. Pesan, seperti: informasi, cerita rakyat, dongeng, hikayat, dan sebagainya 
  2. Orang, seperti: guru, instruktur, siswa, ahli, narasumber, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, tokoh karier dan sebagainya
  3. Bahan, seperti buku, transparansi, film, slides, gambar, grafik yang dirancang untuk pembelajaran, relief, candi, arca, komik, dan sebagainya
  4. Alat/ perlengkapan, seperti: perangkat keras, komputer, radio, televisi, VCD/DVD, kamera, papan tulis, generator, mesin, mobil, motor, alat listrik, obeng dan sebagainya
  5. Pendekatan/ metode/ teknik, misalnya: diskusi, seminar, pemecahan masalah, simulasi, permainan, sarasehan, percakapan biasa, diskusi, debat, talkshow dan sejenisnya
  6. Lingkungan, seperti; ruang kelas, studio, perpustakaan, aula, teman, dan kebun atau pasar

Sumber belajar dapat dibagi 2, yaitu:
Sumber belajar

E. Memilih Teknologi dan Media Pembelajaran

Dalam memilih teknologi dan media dalam pembelajaran jarak jauh dapat berdasarkan beberapa hal berikut:
  1. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  2. Karakteristik siswa
  3. Jenis rangsangan pembelajaran yang diinginkan
  4. Keadaan lingkungan siswa
  5. Potensi media atau teknologi
  6. Luasnya jangkauan yang ingin dilayani.
Integrasi teknologi dalam pembelajaran diharapkan juga dapat mengubah pola pembelajaran, yaitu:

  1. Pembelajaran siswa pasif menjadi pembelajaran siswa aktif 
  2. Pembelajaran satu arah menjadi pembelajaran yang interaktif
  3. Pembelajaran terisolasi-tekstual menjadi pembelajaran jejaring-kontekstual
  4. Pembelajaran tanpa melibatkan orang tua menjadi pembelajaran yang melibatkan orang tua.
Sekarang saatnya kita memilih teknologi yang akan digunakan dalam PJJ. Perhatikan alur berikut:
Alur pemilihan Teknologi

Sumber: Materi Guru Belajar 2020
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel