Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

Konsep Literasi Membaca

Literasi baca dan tulis merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi. Pengetahuan dan kecakapan ini digunakan untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca

Konten pada Literasi Membaca dibedakan menjadi dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang dibutuhkan untuk menjawab soal, dengan menemukan informasi, interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi. Konteks pada AKM dibedakan menjadi 3, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik yang menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan.

Komponen AKM

Menganalisis Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

Pada tingkat SD terdapat 3 level pembelajaran Asesmen Literasi Membaca, yaitu:
  1. Pada level pembelajaran 1 untuk siswa kelas 1 dan 2, siswa akan menemukan informasi dengan cara mengakses dan mencari informasi dalam teks. 
  2. Pada level pembelajaran 2 untuk siswa kelas 3 dan 4, siswa akan belajar sesuai dengan tingkat kognitif pada literasi membaca dengan konten yang sesuai dengan jenjangnya.
  3. Pada level pembelajaran 3 untuk siswa kelas 5 dan 6, siswa akan belajar sesuai dengan tingkat kognitif pada literasi membaca dengan konten yang sesuai dengan jenjangnya.

Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD
Literasi Teks Fiksi
Level 2 (Kelas 3 dan 4)
Kompetensi yang diukur :
Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

Bacalah Teks berikut!
Contoh soal AKM
Contoh soal AKM

Pilihan Ganda
1. Apakah yang dimasak oleh nenek bersama Coreng dan Cidut?
A. Sup Wortel
B. Sup Ayam
C. Sup Kentang
D. Sup Ubi
Jawaban: A

Uraian
2. Apa yang dilakukan Coreng dan Cidut di kebun bunga?
…………………………………………………………………………………..
Jawaban: Mencabuti rimput liar.

Isian Singkat
3. Sup wortel yang dibuat nenek terasa ….
Jawaban: enak

Contoh soal literasi yang lain dapat dilihat pada link berikut!
Contoh Soal Literasi Teks Fiksi


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD. Semoga bermanfaat. Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

2 komentar untuk "Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD"

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.