Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asesmen Numerasi Tingkat SD

Konsep Numerasi

Numerasi adalah suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan oleh siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.

Secara umum kompetensi numerasi dapat dilihat dari kemampuan seseorang dalam bernalar, mengambil keputusan yang tepat, dan memecahkan masalah.

Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi

Konten dalam Numerasi dibedakan menjadi empat, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar.  Tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang diperlukan siswa agar dapat menyelesaikan soal. Pada Numerasi memerlukan pemahaman, penerapan, dan penalaran siswa.  Konteks dibagi menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik yang menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan.

Komponen AKM Numerasi

Menganalisis Tahap Asesmen Numerasi Tingkat SD

Pada jenjang SD/MI terdapat 3 level pembelajaran Asesmen Numerasi, yaitu:

  1. Level pembelajaran 1 untuk kelas 2, siswa belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Siswa mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Pada level ini siswa juga mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.  
  2. Level pembelajaran 2 untuk kelas 4, siswa belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Siswa juga mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Terakhir siswa juga mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang. 
  3. Level pembelajaran 3 untuk kelas 6, siswa akan belajar merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Siswa mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Siswa juga mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Siswa juga akan mempelajari data dengan representasinya.

Contoh Soal Asesmen Numerasi Tingkat SD

Kompetensi yang diukur :

Mengenali pola bilangan sederhana dan melanjutkan pola tersebut.

1. Pilihan Ganda

Perhatikan pola bilangan berikut!

Contoh soal numerasi
Bilangan yang tepat untuk mengisi kotak kosong yang pertama adalah ….
A. 30
B. 35
C. 40
D. 45
Jawaban : C

2. Isian Singkat
Bilangan yang tepat untuk mengisi kotak kosong yang terletak antara bilangan 50 dan 60 adalah ….
Jawaban: 55

3. Uraian
Berapakah bilangan yang tepat untuk mengisi kotak kosong terakhir?
Jawaban: 85

Untuk contoh soal numerasi yang lain dapat dilihat pada link berikut!

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Asesmen Numerasi Tingkat SD, semoga bermanfaat. Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Asesmen Numerasi Tingkat SD"