Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Tahun 2021

Pedoman KSN 2021

infoduniaedukasi.com. Kompetisi Sains Nasional atau yang sering disingkat dengan KSN SD tahun 2021 tetap dilaksanakan. Tetapi karena masih Pandemi Covid-19, maka pelaksanaannya akan diselenggarakan secara daring. 

KSN SD secara umum bertujuan untuk menjadi wahana siswa SD dalam berkompetisi di bidang MIPA (Matematika dan IPA). KSN SD kali ini mengusung tema, "Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat".

Pelaksanaan KSN SD 2021 masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Untuk itu, dalam pelaksanaannya setiap peserta harus selalu memperhatikan protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, menjaga jarak, dan memakai masker. 

Peserta dalam KSN SD 2021 adalah siswa SD sederajat dengan syarat sebagai berikut:

  1. Warga negara Indonesia (WNI).
  2. Siswa kelas IV, V, atau VI SD/MI atau yang sederajat di tahun pelajaran 2021/2022 dengan umur paling tinggi 13 tahun per 1 Juli 2021.
  3. Peserta mempunyai kompetensi di bidang Matematika atau IPA.
  4. Peserta belum pernah memperoleh medali emas pada KSN SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang sama.
  5. Peserta belum pernah memperoleh medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.
  6. Peserta diusulkan oleh sekolah untuk mengikuti tahap penyisihan. Sekolah hanya dapat mengirimkan paling banyak 1 peserta untuk bidang Matematika dan 1 peserta untuk bidang IPA, yang dibuktikan dengan surat keterangan sekolah.
  7. Sekolah yang tidak mengikuti ketentuan poin 6 akan didiskualifikasi pada seleksi tahap berikutnya
Pendaftaran peserta dapat melalui tahap-tahap berikut.

  1. Registrasi peserta dapat dilakukan melalui laman: sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
  2. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta KSN SD secara akurat dan benar.
  3. Sekolah memastikan data NISN peserta telah ter-update.
  4. Sekolah mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa, surat keterangan sekolah dan surat pendamping pada laman pendaftaran
  5. format pakta integritas/surat pernyataan siswa, surat keterangan sekolah dan surat pendamping dapat diunduh pada laman: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
Dalam tahap pelaksanaannya, KSN SD 2021 dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap penyisihan dan tahan nasional.

Tahap Penyisihan

  1. Setiap sekolah diwakili oleh paling banyak 1 orang siswa untuk bidang Matematika  dan 1 orang siswa untuk bidang IPA.
  2. Tahap penyisihan KSN SD tahun 2021 dilaksanakan secara daring/online.
  3. Tahap penyisihan dapat dilakukan di sekolah maupun dari rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
  4. Pusat Prestasi Nasional menetapkan jumlah peserta KSN SD tahun 2021 yang akan lolos ke tingkat nasional sebanyak 272 peserta untuk setiap bidang yang berasal dari 34 Provinsi.
  5. Pusat Prestasi Nasional tidak melaksanakan pelaksanaan babak penyisihan ulang/susulan.
  6. Penilaian peserta yang lolos ke tingkat nasional berdasarkan mekanisme peringkat nasional dan kuota peringkat nilai tertinggi pada masing-masing Provinsi dengan rincian;1) Sseratus tiga puluh enam (136) peserta berdasarkan ranking nasional hasil seleksi tahap penyisihan dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 6 peserta. 2) Empat (4) peserta wakil masing-masing provinsi diambil dari peringkat tertinggi provinsi, sehingga setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 4 dan maksimal 10 peserta untuk masing-masing bidang Matematika dan IPA berdasarkan hasil penilaian seleksi tahap penyisihan.
  7. Peserta yang lolos ke tingkat nasional untuk setiap bidang akan dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional dan akan mengikuti seleksi KSN SD tahun 2021 tingkat nasional.
  8. Pusat Prestasi Nasional mengumumkan hasil tahap penyisihan melalui laman website Pusat Prestasi Nasional.

Tahap Nasional

  1. Tingkat nasional KSN SD tahun 2021 dilaksanakan secara daring/online
  2. Tingkat nasional dapat dilakukan di sekolah maupun dari rumah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
  3. Jumlah peserta pada tingkat nasional sebanyak 272 per bidang kompetisi.
  4. Juri menetapkan peserta terbaik untuk masing-masing bidang dengan ketentuan; 1) Hasil tes teori terbaik (best theory), eksplorasi terbaik (best exploration), dan peserta terbaik (best overall) bidang Matematika. 2) Hasil tes teori terbaik (best theory), observasi terbaik (best observation), dan peserta terbaik  (best overall) bidang IPA.
  5. Juri menetapkan para juara pada masing-masing bidang kompetisi sebanyak 10 orang mendapatkan medali emas, 20 orang mendapatkan medali perak, dan 30 orang mendapatkan medali perunggu.
  6. Juri menetapkan peserta peringkat 61-100 mendapatkan predikat Harapan (Honorable Mention).
  7. Pusat Prestasi Nasional menetapkan para juara KSN SD tahun 2021 melalui Surat Keputusan Kepala  Pusat Prestasi Nasional dan mengumumkan hasilnya.
Untuk informasi lebih lengkap, sahabat dapat membaca pada Panduan Teknis KSN SD 2021 berikut.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang KSN SD 2021, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Panduan Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Tahun 2021"