Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD (TK/RA/BA/KB/SPS/TPA)

Struktur Kurikulum PAUD

Struktur Kurikulum merdeka di PAUD terdiri atas kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

1. Kegiatan pembelajaran intrakurikuler

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam capaian pembelajaran. Intisari pembelajaran intrakurikuler di jenjang PAUD adalah bermain bermakna sebagai perwujudan dari Merdeka Belajar, Merdeka Bermain. Kegiatan pembelajaran dapat dipilih harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi anak. Kegiatan pembelajaran juga perlu didukung oleh penggunaan sumber belajar yang nyata dan ada di lingkungan sekitar anak. Sumber belajar yang tidak ada secara nyata, dapat dihadirkan dengan bantuan teknologi dan buku bacaan anak.

2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan anak untuk PAUD) dan untuk pengayaan wawasan dan penanaman karakter sejak dini. Penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD dilaksanakan dalam konteks perayaan terhadap tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Pelaksanaan projek penguatan profil Pancasila menggunakan alokasi waktu kegiatan di PAUD. Alokasi waktu pembelajaran di PAUD untuk usia 4-6 tahun paling sedikit 900 menit per minggu. Sedangkan untuk usia 3-4 tahun paling sedikit 360 menit per minggu.

Dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD, pemerintah telah menetapkan 4 tema utama yang dapat dikerucutkan menjadi topik oleh satuan pendidikan sesuai dengan konteks wilayah dan karakteristik peserta didik. Adapun keempat tema utama tersebut, yaitu:

  1. Aku Sayang Bumi. Tema ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik pada isu lingkungan, eksplorasi dalam mencari solusi kreatif yang dapat dilakukan oleh peserta didik, serta memupuk kepedulian terhadap alam sebagai perwujudan rasa sayang terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Aku Cinta Indonesia. Tema ini bertujuan agar peserta didik mengenal identitas dan karakteristik negara, keberagaman budaya dan ciri khas lainnya tentang Indonesia, sehingga mereka memahami identitas dirinya sebagai anak Indonesia, serta bangga menjadi anak Indonesia.
  3. Bermain dan Bekerja sama/Kita Semua Bersaudara. Tema ini bertujuan untuk mengajak peserta didik untuk mampu berinteraksi dengan teman sebaya, menghargai perbedaan, mau berbagi, dan mampu bekerja sama.
  4. Imajinasiku/ Imajinasi dan Kreativitasku. Tema ini bertujuan untuk mengajak peserta didik belajar mengenali dunianya melalui imajinasi, eksplorasi, dan eksperimen. Pada tema ini peserta didik distimulasi dengan serangkaian kegiatan yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu, memperkaya pengalamannya, dan menguatkan kreativitasnya.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Kurikulum Merdeka belajar PAUD. Semiga bermanfaat.

Salam Edukasi.

Sumber: Keputusan Mendikbudristek Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD (TK/RA/BA/KB/SPS/TPA)"