Thursday, December 27, 2018

Danau Batur (Batur Lake) yang memesona hati

Gambar Danau Batur

Danau Batur merupakan salah satu danau yang ada di Provinsi Bali, tepatnya terletak di Kecamatan Kintmani, Kabupaten Bangli. Danau ini berada di antara perbukitan dan berdekatan dengan gunung Batur. Bila dilihat dari kawasan Penelokan, pemandangannya sangat memesona mata.

Masyarakat di sekitar Danau Batur, kebanyakan bekerja sebagai nelayan, petambak ikan, peternak sapi dan babi, petani bawang, cabai, dan sayuran. 

Nelayan di sekitar danau batur, menggunakan jaring untuk meningkap ikan mujair. Rata-rata penghasilan mereka Rp 50.000,00 s/d Rp 100.000,00 per harinya.
Gambar Nelayan Ikan

Petambak ikan membuat tambak ditengah danau, berbahan dasar bambu. mereka setiap dua kali sehari memberi makan ikan, yaitu pada pagi hari dan sore hari. Tak jarang, tambak ini juga dimanfaatkan oleh beberapa orang, sebagai tempat memancing ikan. Karena ikan liar akan datang ke tambak untuk mencari makan.

Kondisi geografis di sekitar danau yang subur, membuat masyarakat banyak yang bekerja seabagai petani. Berbagai jenis tanaman mereka tanam. Utamanya mereka menanam bawang, cabai merah, tomat, dan sayuran.
Gambar Tanaman Bawang, Cabai, dan sayur Kol

Selain itu, banyak masyarakat yang memelihara ternak, seperti sapi, babi, dan ayam. Hewan-hewan ini dipelihara, karena hewan tersebut merupakan hewan yang sering digunakan dalam upacara umat hindu. 

Bagi yang ingin berlibur ke Bali, khususnya ke Bangli, jangan lupa ya mampir ke Danau Batur. Di sekitar danau banyak terdapat objek wisata, seperti Musium Gunung Api, Penelokan, Air Panas, dan Desa Trunyan.

Di sekitar danau juga banyak terdapat kuliner ikan mujair yang lezat, seperti mujair nyat-nyat dan mujair panggang.

Baca Juga:
Gambar Mujair Panggang
Gambar Mujair nyat-nyat

Sekian, dan selamat berlibur. 
Salam edukasi.

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon