Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang KI dan KD Kurikulum 2013 SD, SMP dan SMA


Akhir tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 37 Tahun 2018. Permendikbud ini merupakan perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016. Perubahan ini dilakukan untuk penyempurnaan kurikulum dalam rangka menghadapi era digital.

Perubahan yang dilakukan yaitu:
1. Menambahkan 1 pasal, yaitu pasal 2A diantara pasal 2 dan 3. Adapun bunyinya sebagai berikut.

Pasal 2A
(1) Muatan informatika pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dapat digunakan sebagai alat pembelajaran dan/atau dipelajari melalui ekstrakurikuler dan/atau muatan lokal. 
(2) Mata Pelajaran Informatika  pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dimuat dalam Kompetensi Dasar yang digunakan sebagai acuan pembelajaran. 

2. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diubah dengan menambahkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Informatika SMP/MTs pada nomor urut 60 dan  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Informatika SMA/MA pada nomor urut 61 sehingga menjadi sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dengan Peraturan
Menteri ini. 

Untuk lebih jelasnya dapat mengunduh file Pdf  berikut.
Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendikbud No. 24 tahun 2016 (Unduh)
KI dan KD Informatika SMP (unduh)
KI dan KD Informatika SMA (unduh)
Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

4 komentar untuk "Unduh Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang KI dan KD Kurikulum 2013 SD, SMP dan SMA"

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.