Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Penilaian K13 SD Revisi 2018

Pada tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah telah memberlakukan Kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam pelaksanaannya, terutama di sekolah dasar telah ditemukan kesulitan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, yaitu dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan dan pelaporan penilaian. Pada tahap perencanaan penilaian, guru kesulitan dalam merumuskan indikator instrumen penilaian, menentukan teknik penilaian yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan, mengembangkan butir-butir instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pada tahap pelaksanaan penilaian, guru kesulitan melakukan penilaian sikap dengan berbagai teknik penilaian dalam waktu yang terbatas. Guru juga mengalami kesulitan dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Disamping itu, satuan pendidikan juga mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Selain itu, guru juga mengalami kesulitan dalam menentukan nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM. 
Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu disusun Panduan Penilaian pada Sekolah Dasar (SD). Panduan penilaian ini diharapkan dapat memudahkan guru dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, maupun aspek keterampilan.

Untuk itu, sahabat bisa menggunakan pedoman penilaian revisi 2018 dalam melakukan penilaian di satuan pendidikan masing-masing.

Pedoman Penilaian K13 Revisi 2018 (unduh)

Baca Juga: Aplikasi Analisis Penilaian Kurikulum 2013

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.