Saturday, July 6, 2019

Unduh Contoh Perangkat Pembelajaran Tematik K13 SD Kelas 1 s/d 6 Semester 1 Lengkap Gratis


Hallo sahabat edukasi!
Kali ini kami akan berbagi tentang perangkat pembelajaran untuk sekolah dasar. Selain mengajar, guru juga harus membuat berbagai administrasi kelas, diantaranya:
  1. Program Tahunan
  2. Program Semester
  3. Silabus Pembelajaran
  4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Langkah awal dalam menyusun perangkat pembelajaran, kita harus memiliki kalender pendidikan. Kalender pendidikan biasanya terbit setiap awal tahun pelajaran. Pada Kalender pendidikan, kita dapat melihat hari-hari libur, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan lainnya. Dengan kalender pendididikan, maka kita akan lebih mudah dalam menyusun program pembelajaran.Untuk itu, kita sangat pentiung memiliki Kalender Pendidikan. Berikut kami bagikan link untuk melihat ataupun mengunduh kalender pendidikan 2019/2020 semua Provinsi di Indonesia (unduh).

Setelag memiliki Kalender Pendidikan, maka kita mulai membuat penjaringan Hari Efektif Belajar (HEB). HEB ini berguna ketika akan menyusun program semester. Adapun  contohnya dapat diunduh pada link berikut.
Contoh Penjaringan Hari Efektif Belajar Berdasarkan Kalender Pendidikan Prov. Bali dan dapat disesuaikan dengan kalender pendidikan masing-masing (unduh).

Selanjutnya, mulai menyusun Program Tahunan. Program tahunan berisikan alokasi waktu yang diperlukan pada setiap mata pelajaran atau tema. Program tahunan berguna bagi guru agar mengetahui cakupan Bab dalam mata pelajaran atau cakupan sub tema dalam suatu tema yang harus dipelajari selama satu tahun. Selanjutnya, kita membuat penjabaran dari program tahunan, yaitu program semester. Sahabat bisa unduh Prota dan Prosem 1 pada link berikut.
Program Tahunan dan Program Semester 1 (unduh)

Sebelum menyusun perangkat pembelajaran, maka perlu mengetahui Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar yang berlaku. Untuk melihat Kompetensi Inti, kita dapat membuka Permendikbud No. 37 Tahun 2018 (unduh), yang merupakan perubahan atas permendikbud No. 24 tahun 2016.

Setelah mengetahui KI dan KD, maka selanjutnya kita perlu membuat pemetaan KD, agar lebih mudah dalam membuat perangkat. Pemetaan KD dapat dibuat berdasarkan Pemetaan KD yang ada pada buku guru. Adapun contohnya dapat diunduh pada link berikut.
Contoh Pemetaan KD 3 dan KD 4 Kelas 1 s/d 6 (unduh)

Langkah selanjutnya adalah menyusun silabus pembelajaran. Silabus dapat dikembangkan dengan memperhatikan KD, Materi, kondisi siswa dan lingkungannya. Berikut beberapa contoh Silabus Pembelajaran kelas 1 s/d 6 semester 1:
Silabus Pembelajaran  Kelas I (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas II (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas III (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas IV (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas V (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas VI (Unduh)

Selanjutnya, kita dapat membuat RPP. RPP dibuat dengan memperhatikan silabus yang telah disusun. Berikut beberapa contoh RPP dari kelas 1 s/d 6 semester 1:
RPP Kelas I (unduh)
RPP Kelas II (unduh)
RPP Kelas III (unduh)
RPP Kelas IV (unduh)
RPP Kelas V (unduh)
RPP Kelas VI (unduh)

Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Untuk melakukan penilaian secara benar, maka perlu mempunyai pedoman dan format penilian yang sesuai. Untuk memperoleh daftar nilai yang sesuai dapat mengunduh pada link berikut!
Pedoman Penilaian dan Format Daftar Nilai (Unduh)

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat!

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

2 komentar

Mohon bantuanya untuk buku tema kelas 6 semester 1 dan 2.terimakasih....

Silahkan cek di menu kurikulum, kemudian cari menu Buku Siswa atau Buku Guru, file sudah tersedia, terima kasih

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.
EmoticonEmoticon