Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Analisis Penilaian K13 Semester 1 Terbaru

Penilaian dalam kurikulum 2013 dilakukan untuk menilai kemampuan siswa pada aspek Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan.

Pada penilaian pengetahuan dapat dilakukan mulai dari Penialian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester PAS), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Jenis tes dan jumlahnya dapat disesuaikan dengan jumlah KD pada setiap tema atau muatan. 

Setelah memberikan tes, maka perlu dilakukan analisis hasil jawaban siswa. Disinilah masalahnya, terkadang sangat sulit untuk dilakukan karena harus menganalisis setiap KD pada setiap muatan mata Pelajaran.  Namun jangan khawatir, untuk mempermudah kerja guru, Bapak Alit Sentanu telah membuat aplikasi analisis penilaian berbasis Microsoft Excel. Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk menganalisis penilaian PH, PTS, dan PAS/PAT.

Baca Juga: Aplikasi Raport K13 Semester 1


Aplikasi ini merupakan pembaharuan dari aplikasi lama. Aplikasi terbaru dapat menganalisis lebih banyak soal Pilihan ganda (50), isian (25), dan uraian (15).

Seperti biasa, untuk menggunakan aplikasi ini, perlu mengaktifkan macro terlebih dahulu. Caranya dengan mengklik Enable Content pada Security Warning. Sampai muncul kontak pengembang, kemudian pilih penilian yang mau dianalisis.
Aplikasi Penilaian K13
Tampilan Awal Aplikasi
Kemudian klik menu Analisis Penilaian, masukkan identitas siswa dan KD sesuai dengan nomor soalnya. Isi juga bobot soalnya.

Jika sudah maka masuk ke menu Mapel atau tema. Lakukan analisis jawaban siswa sesuai dengan bobot masing-masing soal. Maka nilai mapel atau KD akan otomatis terisi. Begitu pula dengan jumlah soal benar, jumlah soal salah, persentase benar, dan tingkat kesukaran soal. Jumlah rata-rata mapel/KD, nilai tertinggi dan terendah pun akan otomatis terisi. Dengan aplikasi ini, analisis soal akan menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Aplikasi Raport K13 Semester 2


Bagaimana Sahabar, tertarik menggunakannya?
jika tertarik dapat langsung mengunduhnya pada link berikut.

Aplikasi Analisis Penilaian Mata Pelajaran (unduh)
Aplikasi Analisis Penilaian Tema (unduh)

Jika ada kendala, ada ada hal yang ingin ditanyakan, dapat langsung menghubungi Bapak Alit Sentanu di No. WA: 085737426316.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam Edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.