Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka

Pengumuman CPNS 2019

Melalui Siaran Pers Nomor: 086/RILIS/BKN/X/2019, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan kesiapannya dalam menyelenggarakan perekrutan CPNS Tahun 2019. BKN telah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN sebagai alat utama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS tahun 2019.

Pada tahun 2019, akan dibuka formasi sebanyak 197.117 dengan rincian : Instansi Pusat 37.854 formasi (74 K/L) dan Instansi Daerah 159.257 formasi (467 Pemda). Ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus (cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat).

Pengumuman pendaftaran dijadwalkan pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Dilanjutkan dengan  dengan pembukaan registrasi daring (online) pada November 2019.

Pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan pada bulan Desember 2019 dan dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020, kemudian diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020. Hasil SKD dijadwalkan akan diumumkan pada Maret 2020. Bagi yang lulus SKD akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020.

Langkah awal yang harus dilakukan oleh calon peserta seleksi CPNS adalah mengecek data kependudukannya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Atau dapat mengeceknya sendiri melalui web dukcapil atau berbagai aplikasi android. Pastikan NIK dan Nomor Kartu Keluarganya sahabat sudah terdaftar.

Baca Juga: Contoh Soal CPNS

Alur pendaftaran CPNS 2019 dalam portal SSCASN sebaga berikut:
  1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCN 2019 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga
  3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Lengkapi biodata
  5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan
  6. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen
  7. Cek resume, cetak kartu pendaftaran
Untuk pendaftaran resmi penerimaan CPNS 2019, dapat dicek di website resmi lembaga penerima CPNS (Kementerian/Pemda). 

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.

Sumber: Siaran Pers BKN
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.