Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Legalisir Ijazah Online Di Undiksha

Universitas Pendidikan Ganesha sebagai salah satu Universitas ternama selalu memberikan pelayan terbaik kepada alumninya. Salah satunya dengan meningkatkan pelayanan legalisir Ijazah dan sejenisnya. Mulai tahun 2019, Undiksha resmi meluncurkan program legalisir ijazah online, sehingga alumni bisa legalisir ijazah tanpa harus datang ke kampus.

Sebelum masuk ke sistem, maka kita perlu menyiapkan pindaian Ijazah, Akte 4, transkrip, dan Sertifikat Pendidik dalam bentuk Pdf. File-file ini akan diunggah sekali saja untuk divalidasi oleh operator dan selanjutnya tinggal diajukan untuk dilegalisir. 
Selain file tadi, siapkan juga KTP dan foto selfi dengan memperlihatkan wajah jelas, sambil memegang KTP dan masing-masing dokumen yang mau disahkan. Ya seperti mau mendaftar CPNS. Berikut contohnya:
cara legalisir ijazah online undiksha


Adapun langkah-langkah legalisir ijazah online Undiksha sebagai berikut.
Cara legalisir Ijazah Online Undiksha
2. Jika belum punya akun, buat akun dengan klik Registrasi sebagai alumni. Kemudian isi data yang diminta.


3. Jika sudah isi Register data Alumni, maka selanjutnya buka email yang di daftarkan untuk konfirmasi. Kemudian login menggunakan email dan pasword yang telah dibuat.

4. Setelah masuk, pilih menu daftar berkas kemudian masukkan berkas baru untuk mengunggah berkas yang mau dilegalisir. Isi data sesuai dengan yang diminta.

5. Kemudian kirim ke operator untuk divalidasi. Tunggu kira-kira 1 x 24 jam pada hari kerja. Jika sudah divalidasi maka akan mendapat pemberitahuan.
6. Setelah divalidasi, selanjutnya bisa pilih menu pengesahan berkas, kemudian klik buat permintaan pengesahan berkas, Namun sebelumnya harus mengisi Tracer Study melalui laman https://tracer-study.undiksha.ac.id/login.

7. Pilih berkas yang mau disahkan, kemudian cek harganya, lalu tentukan jumlah yang mau disahlkan (maksimal 5 eks). 

8. Pilih Jenis pengiriman, mau diambil di unit pelayan terpadu Undiksha atau dikirim ke alamatnya. Jika memilih dikirim ke alamatnya, maka alamat pengiriman harus diisi lengkap dan akan dikenakan biaya tambahan berupa biaya pengiriman.

9. Kalau sudah hitung Estimasi biaya, maka akan kelihatan biayanya. Jika sudah sesuai, maka klik kirim permintaan.

10. Jika berhasil maka akan mendapatkan No Briva dan No. Custumer. Untuk melakukan pembayaran pengesahan berkas, silahkan melakukan pembayaran ke Bank BRI cabang terdekat dengan membawa Kode Briva dan Kode Customer yang dapat anda lihat pada masing-masing pengesahan berkas. Bukti pembayaran dapat juga diunggah pada web untuk mempercepat validasi. Untuk lebih jelas tentang cara membayar Briva Legalisir ijazah Undiksha dapat menonton video berikut!

11. Selanjutnya tinggal menunggu dokumen legalisir kita selesai sesuai jenis pengiman yang kita pilih.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
Salam Alumni Undiksha.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

10 komentar untuk "Cara Legalisir Ijazah Online Di Undiksha"

  1. Mohon maaf, saya ingin bertanya,,, saat melakukan pendaftaran berkas saya salah memasukka berkas, bagaimana caranya unduk edit itu y? Sedangkan di menu aksi tidak tercantum karena masih dalam proses validasi, udah 2×24 jam kerja. Mohin penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf baru balas, bagaimana hasil validasinya? kalau tidak bisa diganti, mungkin bisa upload berkas baru atau bisa hubungi kontak kampus di menu informasi ya. Terima kasih

      Hapus
  2. Bagaimana solusinya kalau lupa email dan paswordnya untuk login apakah bisa register ulang /membuat akun baru? Mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa klik menu lupa pasword dan ikuti langkah2nya ya. Menu muncul ketika akan login.

      Hapus
  3. maaf bertanya... saya mau legalisir ijazah namun tidak bisa klik kolom ijasah kata di halaman itu belum mengisi data tracer study. Namun pada data tracer study saya terdata jurusan bahasa inggris padahal saya jurusan bahasa indonesia mungkin saya salah mengisi sebelumnya karena sudah lama saya pernah buat akunnya dan ti profil tidak bisa ubah jurusan. Kok jadi ruwet imbasnya, bolehkah minta no wa atau email operator di undiksha?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada kendala sistem dapat mengunjungi UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha (Jalan Udayana No.11 Singaraja - Bali 81116) atau dapat menghubungi (0362) 26100. Semoga dapat teratasi kendalanya pak

      Hapus
  4. Sy sdh daftar secara online dan sdh sampai di tahap DAFTAR BERKAs, dan semua berkas sdh sy upload namun tidak ada kolom perintah KIRIM BERKAS KE OPERATOR UNTUK DI VALIDASI sedangkan muncul perintah seperti
    Apakah semua dokumen sudah diunggah? Jika iya, klik [Kirim ke Operator untuk Validasi]

    Namun yang muncu di bawah hanya MASUKKAN BERKAS BARU
    mohon solusinya admin. Trimaskih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah unggah, klik kirim ke operator untuk validasi

      Hapus
  5. Sataus File Diproses Operator, mohon bimbingannya bapak. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap bersabar ya, nanti kalau sudah divalidasi, akan muncul status Valid dan diminta untuk mengisi traycer, Setekah itu diisi baru bisa mengesahkan.

      Hapus

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.