Collaborative and Cooperative Learning

Collaborative (Kolaborasi) merupakan beberapa orang bekerjasama untuk menghasilkan tujuan yang sama. Sedangkan Cooperative (kooperasi) adalah orang melakukan bersama untuk tujuan yang umum. Dalam kolaborasi intinya adalah mencapai tujuan dengan kerjasama tim. Sedangkan dalam kooperasi sebenarnnya tujuannya sendiri-sendiri tetapi mereka bisa berinteraksi karena ada kebutuhan bersama. 

kooperatif learning

Dulu orang hidup individualis. Lama-kelamaan orang mulai berkolaborasi, kemuadian mulai berkooperasi. Kolaborasi berorientasi pada tim, sedangkan kooperasi lebih kepada kepentingan bersama. Semangat kolaborasi dan kooperasi harus ditanamkan kepada anak-anak sejak di bangku sekolah. 

Contoh 1 Pembelajaran Kolaborasi: Merekontruksi Sejarah

Siswa diminta membuat kelompok belajar yang beranggotakan 4-5 orang. Buatlah sebuah film dokumentasi dengan menggunakan HP mengenai peristiwa diskusi dan ketegangan yang terjadi antara tokoh-tokoh beberapa hari sebelum proklamasi dideklarasikan tanggal 17 Agustus 1945.

Dengan memberikan tugas ini, maka siswa akan belajar tentang sejarah, teknologi, berkomunikasi, kewarganegaraan, kesabaran, kedisiplinan, dan lain-lain.

Contoh 2 Pembelajaran Kooperasi: Membahas studi kasus dilematis

Berikan sebuah kasus studi yang paradoksial atau dilematis untuk dibahas oleh kelompok siswa. Misalnya fenomena Robin Hood atau cara menangani Covid-19, atau keberadaan teknologi nuklir, dan lain-lain.

Dari kasus ini, siswa mendapat jawabannya sendiri dan siswa juga dapat mendengarkan pendapat orang lain.

Contoh 3 Pembelajaran Kolaborasi dan Kooperasi:Membuat iklan kampanye anti rokok bagi anak muda

Buatlah kompetisi antar grup atau kelompok siswa untuk membuat iklan anti rokok bagi anak muda. Juaranya akan ditentukan oleh netizen dan juri yang telah ditunjuk. 

Dengan tugas ini, maka akan nada kombinasi pembelajaran. Ketika siswa membuat iklan dikelompoknya, maka mereka berkolaborasi. Tapi ketika sudah ditampilkan di Youtube maka mereka berkooperasi ke suatu tempat untuk berkampnye bersama.

Contoh 4 Pembelajaran Kolaborasi: Berkreasi dengan puisi bersama

Buatlah satu kelompok belajar yang beranggotakan 7-10 siswa. Masing-masing diminta menyumbangkan 3 kata yang terdiri dari kata benda, kata kerja, dan kata sifat. Kemudian mintalah mereka untuk membuat puisi yang indah mengenai alam semesta. 

Tujuan utama pembelajaran kolabosi dan kooperasi adalah siswa mampu menjalani proses pembelajaran agar siswa mampu berkomunikasi, berempati, berpendapat, mendengarkan pendapat orang lain, berimajinasi, dan lainnya

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Kolaboratif dan kooperatif learning. Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.

Sumber: Prof EKOJI Channel.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Collaborative and Cooperative Learning"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel