Rekrutmen Calon Peserta dan Pendamping Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2021

Pada tahun 2020, Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melaksanakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 1. Sasarannya berjumlah 2.800 orang dari 56 kabupaten/kota untuk jenjang guru TK, SD, SMP, dan SMA. 

Pada tahun 2021 pelaksanaan PGP dibagi menjadi 3 angkatan, yaitu angkatan 2, 3, dan 4 dengan jumlah sasaran 13.600 orang calon Guru Penggerak dan 2.788 orang calon Pengajar Praktik Guru Penggerak. Adapun rincian jumlah sasaran setiap angkatan sebagai berikut.

(unduh)

Kabupaten/kota yang akan diundang untuk PGP tahun 2021 berjumlah 290 yang berasal dari 33 provinsi. Kabupaten/kota yang belum terundang pada tahun 2020 dan 2021 akan diundang pada rekrutmen PGP tahun 2022. 

Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP akan mengikuti proses rekrutmen melalui 2 tahapan seleksi.

Calon Peserta Guru Penggerak

  • Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata dan esai, serta tes bakat skolastik;
  • Tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara.
Calon Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak

  • Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian portofolio, dan esai;
  • Tahap 2 : simulasi mengajar, Studi Kasus, dan wawancara.
Rekrutmen dan pendaftaran calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP tahun 2021 akan dimulai pada bulan Oktober 2020. PGP angkatan 2 akan dilaksanakan pada awal bulan April 2021 yang akan berlangsung selama 9 (sembilan) bulan. Pelaksanan PGP menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring yang telah disiapkan dan dipandu oleh instruktur, fasilitator, dan pengajar praktik (pendamping) Guru Penggerak. 

Sasaran dan Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Pendaftaran calon Peserta PGP sebagai berikut.
Sasaran guru penggerak

Sasaran dan Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Pendaftaran calon Pengajar Praktek PGP sebagai berikut.
sasaran pengajar praktek guru penggerak

Bagaimana sahabat, kabupatennya masuk angkatan ke berapa? Bisa tuliskan di kolom komentar ya! Atau jika ingin berbagi tips, bagi yang sudah mengikuti angkatan 1, bisa juga ya! Agar ada gambaran bagi sahabat yang mau ikut di angkatan selanjutnya.

Jika sahabat ingin mengikuti program Pendidikan guru penggerak, yang pertama yang harus dilakukan tentu harus memperhatikan jadwalnya. Setelah itu, menentukan mau milih jadi calon peserta PGP atau jadi Pendamping Praktiknya. Tapi kalau sudah jadi kepala sekolah, sepertinya hanya bisa ikut jadi pendamping saja. Kalau guru bisa milih salah satunya. Semua tentu disesuaikan dengan kesiapan masing-masing ya.

Demikian yang dapat kami bagikan, bila bermanfaat mari bagikan kepada rekan-rekan guru kita yang lain, agar semakin banyak yang bisa ikut seleksi Guru Penggerak di tahun 2021.
Salam edukasi.

Sumber: Surat Edaran Dirjen GTK No. 4704/B.B3/GT/2020.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Rekrutmen Calon Peserta dan Pendamping Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2021"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel