Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi 2021 Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud kembali mengadakan Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2021. 

Kegiatan sayembara ini bertujuan untuk:
  1. menggali potensi penulis agar menumbuhkan generasi muda cerdas dan berkarakter melalui tema-tema yang terkait dengan nilai-nilai budi pekerti;
  2. menuangkan ide dan kreativitas ke dalam bentuk tulisan dan gambar;
  3. meningkatkan kesadaran dan kepedulian anak-anak jenjang usia dini dan SD kelas awal akan pengetahuan.

Sayembara ini dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). Bagi yang ingin mengikuti sayembara ini harus melengkapi pendaftaran sesuai dengan ketentuan. Peserta juga harus mempunyai kemampuan mengilustrasi cerita anak, namun jika tidak bisa maka wajib bekerjasama dengan ilustrator profesional.

Sayembara ini ditargetkan menghasilkan 75 buku cerita bergambar, yang terdiri dari 35 buku jenjang PAUD, 20 buku jenjang SD Kelas 1, dan 20 buku jenjang kelas 2 dan 3. 

Peserta dapat memilih salah satu tema berikut:

  1. Keluarga dan Sahabat
  2. Satwa dan Tumbuhan
  3. Hobi/Kegemaran
  4. Kesehatan
  5. Kearifan Lokal/Tradisi
Setelah memilih tema, maka peserta dapat memokuskan cerita pada pengembangan nilai-nilai karakter seperti: religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Ditambah dengan problem solving, berpikir kritis, dan percaya diri.

Lomba Menulis Buku

Jadwal Sayembara

Jadwal Sayembara Buku
Batas akhir pendaftaran dan pengumpulan naskah pada 20 April 2021 pukul 23.59 WIB. Pengumuman pemenang pada tanggal 18 Mei 2021. Jadi bagi sahabat yang ingin ikut harus segera bersiap ya! Pendaftaran dilakukan melalui link: https://bit.ly/SeleksiPenulisGLN2021.

Selain naskah, peserta juga wajib mengirimkan:
  1. Scanan KTP/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa
  2. Biodata penulis dan ilustrator
  3. Papan cerita/Storyboard lengkap
  4. Ilustrasi berwarna untuk satu atau dua halamanm dari storyboard
  5. surat pernyataan kealian naskah/ilustrasi dan kesedian mengikuti rangkaian kegiatan sayembara.
Satu penulis dapat mengirim lebih dari satu naskah buku dengan jenjang yang berbeda dalam format PDF. Naskah cetak dikirim setelah peserta terpilih sebagai pemenang.

Setiap buku yang dihasilkan akan mendapatkan hadiah sebesar Rp12.500.000,000 yang diterima dalam 2 tahap pembayaran (pajak ditanggung pemenang).

Untuk info lebih lengkap dapat membaca Juknis Sayembara penulisan bahan bacaan literasi 2021 berikut.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang sayembara penulisan bahan bacaan literasi yang diadakan oleh badan bahasa Kemdikbud. Semoga bermanfaat.
Salam literasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi 2021 Berhadiah Puluhan Juta Rupiah"