Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Aplikasi Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 3

  Aplikasi PH

infoduniaedukasi.com. Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan 3 komponen penting dalam siklus pembelajaran. Ketiga komponen ini saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Kurikulum sebagai seperangkat rencana yang berisikan tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta yang digunakan sebagai acuan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran dilakukan untuk mencapai kompetensi yang tercantum dalam kurukulum. Sedangkan penilaian erat kaitannya dengan informasi siswa dan pembelajarannya. Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur capaian hasil belajar siswa. 

Berdasarkan fungsinya, penilaian dibagi menjadi 2, yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif. Penilaian formatif dilakukan untuk memberi umpan balik terhadap kemajuan belajar siswa, memperbaiki proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa. Penilaian sumatif dilakukan untuk menilai capaian siswa pada suatu periode waktu tertentu. Penilaian hendaknya dilakukan dengan memperhatikan prinsip sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, dan akuntabel.

Baca artikel terkait: Pedoman Penilaian K13 SD Revisi 2018

Dalam kurikulum 2013, terdapat 3 teknik penilaian, yaitu penilaian sikap (spiritual dan sosial), penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penilaian sikap terdiri atas penilain utama dan penilaian penunjang. Penilaian utama diperoleh dari observasi harian yang ditulis dalam jurnal harian. Penilaian penunjang dapat diperoleh dari penilaian diri dan penilaian antar teman sebagai alat konfirmasi penilaian sikap guru. Penilaian Pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan siswa yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan berpikir. Penilaian pengetahuan menggunakan teknis penilaian tes tertulis, lisan, dan penugasan. Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik penilaian kinerja, proyek, dan portofolio.

Baca artikle terkait: Buku Panduan Penilaian Kinerja (Performance Assessment)

Penilaian pengetahuan dan keterampilan dapat dilakukan secara terpisah maupun terpadu. Pada dasarnya ketiga melakukan penilaian keterampilan, maka penilaian pengetahuan pun dapat dilakukan. Untuk memudahkan sahabat guru dalam merekap hasil penilaian harian, maka kami akan berbagi Aplikasi Penilaian Harian Kurikulum 2013 untuk kelas 3. Adapun aplikasinya dapat diunduh pada link berikut:

  • Aplikasi Penilaian Harian KI-1 dan KI-2 Kelas 3 Semester 1 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-1 dan KI-2 Kelas 3 Semester 2 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Tema 1 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Tema 2 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Tema 3 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Tema 4 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Tema 5 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Tema 6 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Tema 7 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-3 dan KI-4 Kelas 3 Tema 8 (unduh)
  • Aplikasi Penilaian Harian KI-2 dan KI-4 Kelas yang lain cek di sini
Demikian yang dapat kami bagikan tentang aplikasi penialain harian kelas 3. Semoga dapat bermanfaat. Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Unduh Aplikasi Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 3"