Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang dikembangkan dengan kerangka yang lebih fleksibel, fokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi murid. Karakteristik utama kurikulum merdeka adalah:

  1. Pembelajaran berbasis projek untuk mengembangkan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila
  2. Fokus pada materi yang esensial, sehingga siswa mempunyai waktu yang cukup untuk belajar lebih dalam terhadap kompetensi dasar, literasi dan numerasi.
  3. Fleksibel bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kemampuan siswa, menyesuaikan dengan konteks, dan muatan lokal.
Alokasi Waktu Kurikulum Merdeka

Struktur Kurikulum Merdeka PAUD

Struktur Kurikulum Merdeka PAUD terdiri atas kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Intisari pembelajaran intrakurikuler di PAUD adalah bermain bermakna sebagai perwujudan merdeka belajar, merdeka bermain. Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk menguatkan upaya pencapaian profil pelajar Pancasila.

Untuk Alokasi waktu pembelajaran kurikulum merdeka PAUD dapat dibaca disini.

Struktur Kurikulum Merdeka SD

Struktur Kurikulum Merdeka SD dibagi menajdi 3 fase, yaitu:

  • Fase A untuk kelas I dan II
  • Fase B untuk kelas III dan IV
  • Fase C untuk kelas V dan VI
Pembelajaran pada struktur kurikulum merdeka SD dibagi menjadi 2, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila (sekitar 20% beban belajar per tahun).

Untuk Alokasi waktu pembelajaran kurikulum merdeka SD dapat dibaca disini.

Struktur Kurikulum Merdeka SMP

Struktur kurikulum merdeka SMP terdiri dari 1 fase, yaitu fase D untuk kelas VII-IX. Struktur kurikulum merdeka SMP terdiri dari 2 bagian yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila (25% beban belajar per tahun).

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMP/Mts Kelas VII dan VIII (Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 40 menit)

Struktur Kurikulum Merdeka SMP
Struktur Kurikulum Merdeka SMP

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMP/Mts Kelas IX (Asumsi 1 tahun = 32 minggu dan 1 JP = 40 menit)

Struktur Kurikulum Merdeka SMP
Struktur Kurikulum Merdeka SMP

Catatan:
  • Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti diikuti oleh siswa sesuai dengan agama masing-masing.
  • Sekolah menyediakan minimal 1 jenis seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan/atau Prakarya). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, atau Prakarya).
  • Mata Pelajaran Muatan Lokal untuk kelas VII dan VIII paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun dan untuk kelas IX paling banyak 2 JP per minggu atau 64 JP per tahun
  • Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh sekolah.
Muatan pelajaran kepercayaan untuk penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang layanan pendidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (TYME).

Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di SMP/MTs menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai kondisi siswa.

Beban belajar bagi sekolah melaksanakan Sistem Kredit Semester (sks) dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai sks.

Struktur Kurikulum Merdeka SMA

Struktur Kurikulum Merdeka SMA dibagi menjadi 2 fase, yaitu:

  • Fase E untuk kelas X
  • Fease F untuk kelas XI dan XII
Struktur kurikulum merdeka SMA/MA terdiri dari 2 bagian yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila (30% beban belajar per tahun).

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada kelas X SMA/MA tidak dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik. Tetapi, sekolah dapat menentukan pengorganisasian pembelajaran IPA dan IPS tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan, yaitu:
  • mengajarkan muatan IPA atau IPS secara terintegrasi;
  • mengajarkan muatan IPA dan IPS secara bergantian dalam blok waktu yang terpisah; atau
  • mengajarkan muatan IPA dan IPS secara paralel, dengan JP terpisah seperti mata pelajaran yang berbeda-beda, diikuti dengan unit pembelajaran inkuiri yang mengintegrasikan muatan-muatan pelajaran IPA dan IPS tersebut.
Fase F untuk kelas XI dan kelas XII, struktur mata pelajarannya dibagi menjadi 5 kelompok utama, yaitu:
  1. kelompok mata pelajaran umum yang wajib diikuti oleh semua siswa
  2. kelompok mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) paling sedikit 3 Mapel
  3. kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial paling sedikit 3 Mapel
  4. kelompok mata pelajaran Bahasa dan Budaya yang dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di sekolah
  5. kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya yang dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di sekolah
Khusus untuk sekolah yang ditetapkan pemerintah sebagai sekolah keolahragaan atau seni, dapat membuka kelompok mata pelajaran Olahraga atau Seni, sesuai dengan sumber daya yang
tersedia di sekolah.

Untuk Alokasi waktu pembelajaran kurikulum merdeka SMA/MA dapat dibaca disini.

Struktur Kurikulum Merdeka SMK

Struktur kurikulum merdeka SMK terdiri dari 2 bagian yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila (30% beban belajar per tahun).

Untuk Alokasi waktu pembelajaran kurikulum merdeka SMK dapat dibaca disini.

Struktur Kurikulum SLB

Struktur kurikulum SLB mengacu pada struktur kurikulum SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang disesuaikan untuk siswa berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual. Untuk siswa yang tidak mengalami hambatan intelektual dapat menggunakan kurikulum pendidikan reguler yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Penyesuaian struktur kurikulum dimaksud dilakukan terhadap keterampilan fungsional dan mata pelajaran yang menunjang kebutuhan tersebut.

Untuk Alokasi waktu pembelajaran kurikulum merdeka SLB dapat dibaca disini.

Struktur Kurikulum Kesetaraan (Program Paket A. Program Paket B, Program Paket C)

Struktur kurikulum pendidikan kesetaraan terdiri atas mata pelajaran kelompok umum dan pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila. Kelompok umum berisi mata pelajaran yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan dan sesuai jenjang pendidikan formal dan merupakan mata pelajaran wajib diberikan untuk seluruh siswa.

Kelompok pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil Pelajar Pancasila mencakup keterampilan okupasional, fungsional, vokasional, sikap dan kepribadian profesional, dan jiwa wirausaha mandiri yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pendidikan kesetaraan serta berbasis profil pelajar Pancasila.

Untuk Alokasi waktu pembelajaran kurikulum merdeka SLB dapat dibaca disini.

Demikian yang infoduniaedukasi.com dapat bagikan tentang Struktur kurikulum merdeka, yaitu struktur kurikulum merdeka PAUD, Struktur Kurikulum Merdeka SD, Struktur Kurikulum Merdeka SMP, Struktur Kurikulum Merdeka SMA, Struktur Kurikulum Merdeka SMK, Struktur Kurikulum Merdeka SLB, dan Struktur Kurikulum Merdeka Kesetaraan. semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Merdeka"