Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KERANGKA DASAR KURIKULUM DAN STRUKTUR KURIKULUM 2013 SD

Halo sahabat Edukasi, kali ini Info Dunia Edukasi akan berbagi tentang Kerangka Dasar Kurikulum Dan Struktur Kurikulum 2013 SD.

Pengertian Kurikulum 

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan peraturan mengenai tujuan, isi dan bahwa pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Rasional Pengembangan Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan faktor-faktor sebagai berikut;

a. Tantangan Internal

b. tantangan eksternal 

c. Penyempurnaan Pola Pikir 

d. Penguatan Tata kelola Kurikulum 

e. Penguatan Materi 

Karakteristik Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.
  1. Mengembangkan Keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat 
  2. Menetapkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;
  3. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan sebagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  4. Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran;
  5. Mengembangkan Kompetensi Inti kelas menjadi unsur pengorganisasi Kompetisi dasar
  6. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasarkan pada prinsip akumulatif salin memperkuat dan memperkaya antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan.

Tujuan Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Landasan Filosofis Kurikulum 2013

Landasan Filosofis dalam pengembangan kurikulum menentukan kualitas peserta didik yang akan dicapai kurikulum, sumber dan isi dari kurikulum, proses pembelajaran, posisi peserta didik, penilaian hasil belajar, hubungan peserta didik dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitarnya.
Kurikulum 2013 dikembangkan dengan landasan filosofis yang memberikan dasar bagi pengembangan seluruh potensi peserta didik menjadi manusia indonesia berkualitas yang tercantum dalam tujuan pendidikan nasional. 

Struktur Kurikulum 2013

A. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti SD merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik SD pada setiap tingkat kelas.
B. Mata Pelajaran
Struktur Kurikulum SD terdiri atas mata pelajaran umun kelompok A dan mata pelajaran kelompok B.
C. Beban Belajar
Beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pelajaran.
D. Muatan Pembelajaran
Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SD dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik terpadu dari kelas 1 sampai Kelas IV. Mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikecualikan untuk ,menggunakan pembelajaran tematik terpadu.
E. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan ,memperhatikan karakteristik dan kemampuan peserta didik, dan kekhasan masing-masing mata pelajaran.

Untuk lebih lengkap memahami KERANGKA DASAR KURIKULUM DAN STRUKTUR KURIKULUM 2013 sahabat dapat membaca atau mengunduh melalui link berikut:

Demikian yang dapat info dunia edukasi bagikan tentang Kerangka Dasar Kurikulum Dan Struktur kurikulum 2013. Semoga bermanfaat dan salam Edukasi.

Posting Komentar untuk "KERANGKA DASAR KURIKULUM DAN STRUKTUR KURIKULUM 2013 SD"