Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEDOMAN OSN SD 2024

Halo sahabat edukasi. Kali ini Info Dunia Edukasi akan berbagi tentang Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD/MI Sederajat Tahun 2024. OSN merupakan sebuah ajang talenta di bidang sains yang diselenggarakan untuk siswa SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat. dan SMA/MA/Sederajat. Ajang OSN dilaksanakan bertingkat, mulai dari daerah hingga nasional.

Bidang dan Cabang OSN 2024

OSN termasuk dalam kelompok bidang Riset dan Inovasi. Cabang lomba dalam OSN SD/MI/sederajat, yaitu:
  1. Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Mekanisme OSN 2024

OSN dilaksanakan secara bertingkat, mulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.
1. OSN tingkat Sekolah (OSN-S)
OSN-S dilaksanakan oleh masing-masing sekolah dengan ketentuan seleksi dibuat dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah. Peserta Terbaik akan mewakili sekolah ke tingkat kabupaten (OSN-K)

2. Registrasi/Pendaftaran Peserta
a. Registrasi dilakukan oleh sekolah melalui laman: http://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/ 
b. Kemudian sekolah melanjutkan registrasi pada laman: https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn untuk mengunggah kelengkapan berkas dan membuat akun tes peserta.
c. Pelaksanaan regostrasi dilaksanakan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kemendikbudristek.
d. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta OSN SD secara akurat dan benar
e. Sekolah mengunggah surat keterangan sekolah dan surat izin orang tua pada laman pendaftaran.

3. OSN Tingkat Kabupaten (OSN-K)
a. Prosedur Pelaksanaan OSN-K
1) Dilakukan secara daring menggunakan aplikasi yang disiapkan panitia pusat
2) Registrasi peserta dibuka mulai Februari 2024
3) Sekolah maksimal mengirimkan 5 orang peserta per cabang lomba
4) Babak ini memilih maksimal 5 orang peserta untuk mewakili kabupaten/kota pada OSN tingkat Provinsi (OSN-P) dan setiap sekolah hanya dapat diwakili oleh maksimal 2 orang per cabang lomba
5) Satu orang peserta OSN hanya dapat mengikuti satu cabang lomba, bila ada yang terdaftar lebih dari satu cabang lomba akan didiskualifikasi.
6) Waktu uji coba dan pelaksanaan OSN-K pada bulan Maret 2024

b. Mekanisme Lomba
1) Waktu Pelaksanaan selama 60 menit untuk setiap cabang lomba
2) Soal untuk cabang lomba Matematika terdiri dari 30 soal pilihan jamak dan IPA terdiri dari 60 soal pilihan jamak.
3) peserta tidak diperbolehkan: a) Menggunakan buku teks, buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektronik lain yang dapat digunakan untuk menghitung dan menyimpan data, kecuali buku kamus bahasa Inggris-Indonesia dan kamus Bahasa Indonesia-Ingggris; b) Meminta bantuan atau digantikan oleh orang lain dalam pengerjaan soal. Jika peserta terindikasi melakukan pelanggaran, maka akan didiskualifikasi.

4. OSN Tingkat Provinsi (OSN-P)
a. Prosedur Pelaksanaan OSN-P
1) Dilakukan secara daring menggunakan aplikasi yang disiapkan panitia pusat
2) Waktu uji coba dan Pelaksanaan OSN-P pada bulan Mei 2024
3) Hasil OSN-P akan memilih 115 orang per cabang lomba sebagai peserta OSN tingkat Nasional yang terdiri dari: a) Peserta rangking nasional, b) Perwakilan provinsi/SILN yang tidak masuk dalam rangking nasional.
4) pada peserta rangking nasional, setiap provinsi/SILN dapat diwakili oleh maksimal 5 orang dan minimal 1 orang per cabang lomba.

b. Mekanisme OSN-P
1) Waktu Pelaksanaan selama 60 menit untuk setiap cabang lomba
2) Soal untuk cabang lomba Matematika terdiri dari 20 soal isian singkat dan IPA terdiri dari 20 soal isian singkat.
3) peserta tidak diperbolehkan: a) Menggunakan buku teks, buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektronik lain yang dapat digunakan untuk menghitung dan menyimpan data, kecuali buku kamus bahasa Inggris-Indonesia dan kamus Bahasa Indonesia-Ingggris; b) Meminta bantuan atau digantikan oleh orang lain dalam pengerjaan soal.

5. Olimpiade Sains Nasional (OSN)
a. Prosedur Pelaksanaan OSN
1) Dilaksanakan secara daring
2) waktu pelaksanaan pada 5-11 Agustus 2024
3) Jumlah peserta OSN per cabang adalah 115 orang
4) tes hari pertama menggunakan aplikasi berbasis android dan hari kedua menggunakan aplikasi berbasis web.

b. Mekanisme OSN
1) Dilaksanakan secara daring
2) Cabang Lomba Matematika: Hari pertama mengerjakan tes teori I, yaitu isian singkat 25 soal dengan waktu 60 menit. Kemudian istirahat 30 menit dan dilanjutkan mengerjakan tes teori II, yaitu uraian 13 soal dengan waktu 90 menit. Hari kedua mengerjakan tes eksplorasi yang terdiri dari 6 soal dengan waktu 120 menit.
3) Cabang Lomba IPA: hari pertama mengerjakan tes teori I, yaitu pilihan jamak sebanyak 60 soal dengan waktu 60 menit. Kemudian istirahat 30 menit, lalu mengerjakan tes teori II, yaitu uraian sebanyak 12 soal dengan waktu 90 menit. Hari kedua mengerjakan tes observasi dengan waktu 120 menit.
4) peserta tidak diperbolehkan: a) Menggunakan buku teks, buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektronik lain yang dapat digunakan untuk menghitung dan menyimpan data, kecuali buku kamus bahasa Inggris-Indonesia dan kamus Bahasa Indonesia-Ingggris; b) Meminta bantuan atau digantikan oleh orang lain dalam pengerjaan soal.

Jadwal Pelaksanaan OSN 2024

Jadwal OSN 2024

Persyaratan Peserta OSN 2024

  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang mewakili sekolahnya.
  2. Peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2023/2024 saat pelaksanaan OSN-K, dengan kelahiran tanggal 1 Juli 2011 dan setelahnya.
  3. Peserta memiliki kompetensi pada cabang lomba Matematika atau IPA.
  4. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada cabang lomba yang sama.
  5. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya untuk cabang lomba yang sama.
Untuk lebih lengkap memahami tentang pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional 2024, sahabat dapat mengunduh dan membaca Pedoman OSN SD Tahun 2024 berikut.

Demikian yang dapat Info Dunia Edukasi bagikan tentang OSN SD tahun 2024. Semoga bermanfaat. Salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "PEDOMAN OSN SD 2024"