Sunday, May 6, 2018

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, ini contohnya

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat bermanfaat dalam menunjang proses pembelajaran.  TIK dapat digunakan sebagai media, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi, proses, dan hasil belajar siswa. TIK yang dapat dimanfaatkan, misalnya melihat tayangan materi (Powerpoint) melalui laptop dan LCD Proyektor, mencetak laporan hasil diskusi melalui printer, membuat video hasil observasi dengan kamera atau kamera HP, mencari sumber belajar melalui internet dan lain sebagainya.

Kementerin Pendidikan dan kebudayaan telah mengembangkan pembelajaran abad-21 berbasis TIK, yaitu dengan membuat Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id). Konten-konten dalam rumah belajar dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, seperti sumber belajar, peta budaya, bank soal, BSE, Laboratorium maya, Wahana jelajah angkasa, kelas maya, bahkan Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi Guru.

Baca Juga: Pemanfaatan Hotspot Portable dalam pembelajaran

Salah satu kegiatan pengembangan keprofesian guru adalah pemilihan Duta Rumah Belajar 2018. Kegiatannya dilaksankan dalam beberapa level. Level 1 dan 2 dilakukan secara daring, sedangkan level 3 dan 4 secara laring. Level 1, peserta mempelajari modul yang telah diberikan, kemudian mengikuti post tes. Jika lulus, maka berhak mengikuti level 2. Pada level 2, peserta mendapat tugas untuk membuat RPP yang terintegrasi TIK dengan memanfaatkan konten rumah belajar. RPPnya kemudian diaplikasikan di kelas dan dibuatkan video pembelajarannya.

Contoh RPP dan media Powerpoint-nya dapat di unduh pada link berikut:
RPP Kelas 4 Tema 7 Sub 3 Pemb. 3 (unduh)
Media PP Kelas 4 Tema 7 Sub 3 Pemb. 3 (unduh)

Berikut adalah contoh video pembelajaran berbasis TIK dengan rumah belajar.


Baca Juga:

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.