Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Semester 2




Penerapan Kurikulum 2013, menimbulkan berbagai masalah bagi guru, utamanya guru sekolah dasar. Salah satunya adalah dalam penyusunan laporan hasil belajar siswa (Raport). Mulai dari menganalisis nilai KD, menentukan predikat, serta membuat deskrisi KD. Masalah utamanya adalah ketika harus menulis raport. Guru tentu harus mengeluarkan tenaga ekstra, padahal semuanya bisa dipermudah dengan adanya teknologi. Misalnya dengan membuat aplikasi raport.

Di Era digital seperti sekarang ini, aplikasi bukan menjadi hal yang asing lagi. Berbagai aplikasi berhasil dikembangkan oleh para pengembang, termasuk dalam dunia pendidikan. Di Denpasar-Bali, ada seorang Guru SD, bernama "I Made Rai Alit Sentanu, S.Pd." yang telah berhasil mengembangkan sebuah aplikasi raport Kurikulum 2013 berbasis Excel. Namanya Aplikasi Raport Alit Sentanu Belajar Excel (ARASBE). ARASBE sangat mudah digunakan dan sudah sesuai dengan pedoman penilaian kurikulum 2013 terbaru. Hal ini menjadi nilai tambah, sehingga bermanfaat dan telah dipakai oleh guru-guru SD di berbagai wilayah Indonesia. 

Dalam aplikasi sudah memuat empat aspek penilaian, yaitu aspek sikap spiritual (KI 1), sikap sosial (KI 2), pengetahuan (KI 3), dan keterampilan (KI 4). Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan raport Tengah Semester.

Berikut ini adalah contoh aplikasi Raport semester 2 tahun ajaran 2018/2019.
1. ARASBE Kelas 1 (unduh)
2. ARASBE Kelas 2 (unduh)
3. ARASBE Kelas 3 (unduh)
4. ARASBE Kelas 4 (unduh)
5. ARASBE Kelas 5 (unduh)
6. ARASBE Kelas 6 (unduh)

Baca Juga: 
Jika anda mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini, maka anda dapat menonton video tutorial berikut.

Aplikasi ini, baru bisa aktif setelah Macronya diaktifkan. Bagaimana caranya, tonton video berikut!


Untuk informasi lebih lengkap terkait aplikasi raport dapat menghubung Bapak Alit Sentanu di No. HP/WA: 085 737 426 316.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
salam edukasi.
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

4 komentar untuk "Contoh Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Semester 2"

  1. Selamat malam bli.. Mau tanya, bagaimana mengubah nama sekolahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, dapat menghubungi langsung Bapak alit sentanu ya, nonya ada diatas, terima kasih

      Hapus
  2. Pagi pa gimana uba nama sekolah pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi ibu, bisa hubungi Bapak Alit Sentanu ya, di No. HP/WA: 085 737 426 316, terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.