Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERAN PENGAWAS SEKOLAH

infoduniaedukasi.com. Halo sahabat edukasi. kali ini admin akan berbagi terkait dengan peran pengawas sekolah. Pengawas sekolah dituntut untuk berperan aktif dalam mengembangkan organisasi profesi pengawas sekolah (APSI) dan organisasi kedinasan (KKPS dan MKPS) agar dapat meningkatkan profesionalisme dan karier pengawas dalam melaksanakan tugas profesinya.

1. APSI

APSI merupakan singkatan dari Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia merupakan organisasi pengawas sekolah yang mewadahi perjuangan pengawas sekolah dalam memperkokoh eksistensi, martabat, dan citra diri pengawas sekolah.

Tujuan APSI

APSI bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan anggota dalam rangka memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan nasional. APSI berkedudukan di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Struktur Organisasi APSI Pusat

APSI

Fungsi APSI

APSI mempunyai 4 fungsi, yaitu:
  1. sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional
  2. sebagai mitra pemerintah dalam memberikan pembinaan kepada pengawas sekolah sebagai anggota agar mampu melaksanakan tugas secara profesional
  3. mendorong anggota agar mampu memberikan kontribusi positif bagi terciptanya iklim yang kondusif di sekolah binaannya
  4. menampung dan menyalurkan aspirasi anggota

2. KKPS dan MKPS

Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) merupakan wadah atau forum kegiatan bagi para pengawas TK dan SD di tingkat Provinsi, Kabupaten/kota dan para pengawas PLB di tingkat provinsi yang dikelola oleh pengurus dengan anggota terdiri dari pengawas TK, SD dan Pengawas PLB.

Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) merupakan wadah atau forum kegiatan nagi para pengawas SMP, SMA, dan SMK di tingkat kabuaoten/kita/provinsi sesuai dengan kewenangannya, yang dikelola oleh pengurus yang anggotanya terdiri dari pengawas sejenjang, yakni pengawas SMP, SMA, SMK.

Tujuan KKPS dan MKPS

KKPS dan MKPS mempunyai beberapa tujuan, yaitu:
  1. memperluas wawasan kependidikan pengawas sekolah, khususnya wawasan kepengawasan dalam rangka meningkatkan kinerja sebagai supervisor pendidikan.
  2. meningkatkan kemampuan profesional pengawas sekolah untuk dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai supervisor akademik dan supervisor manajerial
  3. meningkatkan kemampuan pengawas sekolah dalam membina dan mengembangkan inovasi pendidikan pada sekolah binaan
  4. meningkatkan kemampuan dan kepekaan pengawas sekolah dalam menjalin kerja sama dan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan pendidikan

3. Koordinator Pengawas (Korwas)

Koordinator pengawas sekolah merupakan pengawas sekolah yang dipilih oleh semua pengawas sekolah di lingkungan dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota, kementerian agama, atau kementerian lainnya/lembaga pemerintah nonkementerian dan ditetapkan dnegan surat keputusan dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota, Kepala kantor kementerian agama di provinsi/kabupaten/kota, atau kementerian lainnya/lembaga pemerintah nonkementerian yang mempunyai tugas dan wewenang mengoordinasikan kegiatan kepengawasan di lingkungan kerja.

Persayaratan Menjadi Korwas

Syarat menjadi Korwas, yaitu:
  1. minimal menduduki jabatan sebagai pengawas sekolah madya dan mempunyai masa kerja sebagai pengawas sekolah minimal 3 tahun
  2. mempunyai sikap, pengetahuan, keterampilan dalam manajemen sekolah, dan kepemimpinan bidang pendidikan serat menguasai teknologi informasi dan komunikasi.

Tugas dan Wewenang Korwas

Korwas mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut:
  1. mengatur tugas pengawas sekolah
  2. mengordinasikan seluruh kegiatan pengawas sekolah
  3. memberi pertimbangan dalam proses penetapan angka kredit pengawas sekolah sebagai bahan usulan kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota
  4. melaporkan kegiatan kepengawasan sekolah pada setiap jenjang pendidikan setiap tahun secara berkala
  5. mengusulkan hasil penilaian pelaksanaan kinerja para pengawas sekolah kepada kepala dinas provinsi/kabupaten/kota

Struktur Organisasi Kedinasan Pengawas Sekolah


Demikian yang dapat Info Dunia Edukasi bagikan tentang Peran Pengawas Sekolah. Semoga dapat bermanfaat dan salam edukasi.

I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "PERAN PENGAWAS SEKOLAH"