Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung dengan penilaian Kurikulum 2013, ini Panduan dan format penilaiannya


Pemberlakuan Kurikulum 2013, belum sepenuhnya dapat diaplikasikan oleh guru-guru di sekolah. Utamanya di sekolah dasar. Masih banyak guru yang bingung dalam melaksanakan penilaian autentik sesuai harapan kurikulum. Untuk itu, pemerintah telah mengeluarkan buku panduan penilaian yang dapat dijadikan pedoman oleh para guru dalam melaksanakan penilaian. Apakah anda seorang guru SD dan belum punya panduan penilaian Kurikulum 2013 yang terbaru? Jika belum, anda sedang beruntung, karena sudah berkunjung ke blog ini. Anda dapat mendownload file pdf Panduan penilaian kurikulum 2013 revisi 2016 (Unduh).


Setelah mempunyai buku panduan penilaian, tentu kita harus membacanya, memahami kata demi kata. Jika benar-benar kita cermati, pasti kita akan bingung lagi. Terutama untuk membuat instrumen penilaiannya. Jika anda bingung, Setelah membaca artikel ini sampai habis, pasti tidak akan bingung lagi. Karena kali ini saya akan berbagi instrumen penilaian kurikulum 2013 yang dibuat berdasarkan buku pedoman di atas. Adapun diantaranya:
1. Daftar Nilai KI 3 dan 4 Semester 1 (unduh)
2. KKM (unduh)
3. Pemetaan KD Semester 1 (unduh)
4. penilaian Sikap (unduh)
5. Prota dan Promes (unduh)

Itulah beberapa instrumen penilaian yang dapat kami bagikan. Tentu foemat di atas masih dapat sahabat kembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Bila artikel ini bermanfaat, mari bersama membagikan kepada semua sahabat guru yang lain.
Salam Edukasi
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

4 komentar untuk "Bingung dengan penilaian Kurikulum 2013, ini Panduan dan format penilaiannya"

  1. Astungkare selalu dapat berbagi bli, suksma sudah selalu memotivasi, sukses selalu bli

    BalasHapus
  2. Makasi bli, ditunggu info2 selanjutnya

    BalasHapus

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.