Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Tematik K-13 SD Kelas 1-6 Semester 2 Lengkap


Hallo sahabat edukasi!
Kali ini kami akan berbagi tentang perangkat pembelajaran untuk sekolah dasar. Selain mengajar, guru juga harus membuat berbagai administrasi kelas, diantaranya:
  1. Program Tahunan
  2. Program Semester
  3. Silabus Pembelajaran
  4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Langkah awal dalam menyusun perangkat pembelajaran, kita harus memiliki kalender pendidikan. Kalender pendidikan biasanya terbit setiap awal tahun pelajaran. Pada Kalender pendidikan, kita dapat melihat hari-hari libur, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan lainnya. Dengan kalender pendididikan, maka kita akan lebih mudah dalam menyusun program pembelajaran.
Kalender Pendidikan 2019/2020 Provinsi Bali (unduh).

Selanjutnya, mulai menyusun Program Tahunan. Program tahunan berisikan alokasi waktu yang diperlukan pada setiap mata pelajaran atau tema. Program tahunan berguna bagi guru agar mengetahui cakupan Bab dalam mata pelajaran atau cakupan sub tema dalam suatu tema yang harus dipelajari selama satu tahun. Berikut Program Tahunan  kelas 1 s/d 6 (unduh).
Selanjutnya, kita membuat penjabaran dari program tahunan, yaitu program semester. Berikut contoh program semester dari kelas 1 s/d 6 (unduh).

Sebelum menyusun perangkat pembelajaran, maka perlu mengetahui Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar yang berlaku. Untuk melihat Kompetensi Inti, kita dapat membuka Permendikbud No. 37 Tahun 2018 (unduh), yang merupakan perubahan atas permendikbud No. 24 tahun 2016.

Setelah mengetahui KI dan KD, maka selanjutnya kita perlu membuat pemetaan KD, agar lebih mudah dalam membuat perangkat. Pemetaan KD dapat dibuat berdasarkan Pemetaan KD yang ada pada buku guru. Contoh Pemetaan KD dapat dilihat pada link berikut:
Pemetaan KD kelas I s/d 6 (unduh).

Langkah selanjutnya adalah menyusun silabus pembelajaran. Silabus dapat dikembangkan dengan memperhatikan KD, Materi, kondisi siswa dan lingkungannya. Berikut beberapa contoh Silabus Pembelajaran kelas 1 s/d 6 semester 2:
Silabus Pembelajaran  Kelas I (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas II (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas III (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas IV (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas V (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas VI (Unduh)

Selanjutnya, kita dapat membuat RPP. RPP dibuat dengan memperhatikan silabus yang telah disusun. Berikut beberapa contoh RPP dari kelas 1 s/d 6 semester 2:
RPP Kelas I (unduh)
RPP Kelas II (unduh)
RPP Kelas III (unduh)
RPP Kelas IV (unduh)
RPP Kelas V (unduh)
RPP Kelas VI (unduh)
Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat!
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Posting Komentar untuk "Perangkat Pembelajaran Tematik K-13 SD Kelas 1-6 Semester 2 Lengkap"