Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh RPP K13 SD Kelas IV Semester 1 Revisi Terbaru Semua Tema Gratis

RPP Kelas 4 Semester 1

Perangkat pembelajaran sangat perlu dimiliki oleh seorang guru. Salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh guru adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. 

Dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses (unduh), RPP dapat dikembangkan  dengan memenuhi komponen-komponen berikut:
  1. Identitas Sekolah
  2. Identitas Mata Pelajaran/tema
  3. Kelas/Semester
  4. Materi pokok
  5. Alokasi Waktu
  6. Tujuan Pembelajaran
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian kompetensi
  8. Materi Pembelajaran
  9. Metode Pembelajaran
  10. Media Pembelajaran
  11. Sumber belajar
  12. Langkah-langkah pembelajaran
  13. Penilaian hasil belajar
Dalam menyusun RPP hendaknya dapat memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
  1. Perbedaan individual peserta didik
  2. Partisipasi aktif peserta didik
  3. Pembelajaran berpusat pada peserta didik
  4. Pegembangan budaya membaca dan menulis
  5. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi, kegiatan, indikator, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  6. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  7. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Baca juga: Unduh Prota dan Prosem Kelas 3 Semester 2

Pada kesempatan ini, kami bagikan RPP Tematik Kelas IV. Pembelajaran Tematik pada Kelas IV Semester 1 terdiri dari 5 tema. Setiap Tema terdiri dari 3 Subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 Pembelajaran.

RPP Tema 1 Indahnya Kebersamaan (Unduh) terdiri dari 3 Subtema, yaitu Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku, Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman, dan Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman.

RPP Tema 2 Selalu Berhemat Energi (unduh) terdiri dari 3 Subtema, yaitu Subtema 1 Sumber Energi, Subtema 2 Manfaat Energi, dan Subtema 3 Energi Alternatif.

RPP Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup (unduh) terdiri dari 3 Subtema, yaitu Subtema 1 Hewan dan  Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku, Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku, dan Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan.

Tema 4 Berbagai Pekerjaan (unduh) terdiri dari 3 Subtema, yaitu Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan, Subtema 2 Pekerjaan Di Sekitarku, dan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku.

Tema 5 Pahlawanku (unduh) terdiri dari 3 Subtema, yaitu Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, Subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku, dan Subtema 3 Sikap Kepahlawanan.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang RPP Kurikulum 2013 kelas 4 Semester 1 revisi terbaru secara gratis. Bila bermanfaat, mari bersama kita bagikan kepada semua sahabat kita. Sahabat juga dapat menonton video tentang Materi Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembejaran 1 berikut!

Tunggu terus update kami untuk tema-tema selanjutnya. Salam Edukasi!
I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

8 komentar untuk "Unduh RPP K13 SD Kelas IV Semester 1 Revisi Terbaru Semua Tema Gratis"

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.