Contoh RPP 1 Halaman Seni Budaya SMP dan SMA

Rencana Pelakasanan Pembelajaran (RPP) menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Dalam perjalanannya, guru merasa terbebani untuk menyusun RPP yang harus memuat 13 komponen. Untuk itu Mendikbud mengeluarkan Surat edaran No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam surat edaran ini, RPP minimal memuat 3 komponen, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Dengan surat edaran ini, maka guru diberikan kebebasan dalam menyusun RPP, mau menggunakan format yang sudah ada atau menyusun sendiri dengan memasukkan 3 komponen inti tadi.
Berdasarkan rasional tersebut, Tim Penyusun RPP seni dan Budaya PPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta membuat contoh format atau sistematika RPP secara sederhana sesuai surat edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019. Contoh ini dapat digunakan oleh guru Seni dan Budaya di SMP dan SMA dan tentu saja dapat dicontoh oleh guru lain.



Penasaran dengan formatnya?
Perhatikan pada gambar berikut.
Format RPP 1 Halaman
Untuk lebih jelasnya dapat membaca contoh RPP berikut.
Contoh RPP Seni Budaya-Seni Teater Kelas VII/Gasal KD 3.2 dan 4.2
Contoh RPP 1 Halaman


Contoh RPP Seni Budaya-Seni Rupa Kelas VII/Genap KD 3.4 dan 4.4

Contoh RPP 1 Halaman
Baca Juga: Perangkat Pembelajaran Tematik K-13 SD Kelas 1-6 Semester 2 Lengkap

Contoh RPP Seni Budaya-Seni Musik Kelas VII/Gasal KD 3.1 dan 4.1
Contoh RPP 1 Halaman
Contoh RPP Seni Budaya-Seni Tari Kelas VII/Gasal KD 3.3 dan 4.3
Contoh RPP 1 Halaman



Untuk informasi lebih lengkap tentang penyusunan RPP Seni Budaya dapat mempelajari Rumusan Format RPP Seni Budaya yang dibuat oleh PPPPTK Seni Budaya Yogyakarta (unduh).
Demikian yang dapat kami bagikan, format RPP ini tentu dapat dimodifikasi oleh guru lain, sehingga dapat disesuaikan dengan kelas dan mata pelajaran yang diampu.

Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP 1 Halaman Seni Budaya SMP dan SMA"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijak sesuai dengan topik pembahasan! Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel