Saturday, November 30, 2019

Contoh RPP Berorientasi HOTS Tugas PKP

Contoh Tugas PKP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan seperangkat rencana yang disisapkan oleh guru untuk melaksanakan pembelajaran. Dalam kurikulum 2013 saat ini, RPP berkembang sedemikian rupa. Salah satunya RPP berorientasi HOTS atau Higher Order Thinking Skills. Dengan demikian pembelajaran yang dirancang guru harus mampu mengarahkan siswa agar mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi. 

Pada akhir tahun 2019, Pemerintah telah menerapkan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).


Salah satiu tugas dalam Diklat PKP adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berorientasi HOTS. Adapun langkah-langkah penyusunannya yaitu:
  1. mengkaji sistematika penyusunan RPP berorientasi HOTS
  2. RPP disusun secara individu
  3. Melengkapi RPP dengan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
  4. Penilaian pengetahuan memasukkan soal-soal HOTS 
  5. Menyusun Bahan Ajar dan dilampirkan pada RPP.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun RPP ini adalah menentukan KKO yang HOTS pada indikator KD-nya. KKO HOTS dimulai dari level kognitif C4 Menganalisis. Pada kesempatan ini kami bagikan contoh RPP berorientasi HOTS, yang merupakan hasil Pelatihan PKP 2019.


RPP Kelas 5 Tema 5 Ekosistem Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem (unduh)
RPP Kelas 6 Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Negatif (unduh)

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Salam edukasi.

Saya adalah Seorang Guru yang mengajar di SDN 6 Yehembang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap

Media dan Perangkat Pembelajaran Lengkap
Hanya Rp125.000,00 (Info & pemesanan klik gambar)