Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH TAHUN 2023

contoh soal Situational Judgement Tes

infoduniaedukasi.com. Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Guru ke Jabatan Fungsional Pengawas sekolah pada tahun 2023 dilaksanakan secara daring dengan bentuk soal tertulis Situational Judgement Test (SJT). Peserta Uji komptensi akan dihadapkan dengan situasi yang sering dihadapi di sekolah dengan 4 pilihan respon. Peserta memilih respon yang paling efektif dari 4 pilihan respon yang tersedia.

BACA JUGA: TUGAS POKOK PENGAWAS SEKOLAH

Sebagai persiapan mengikuti Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Guru ke Jabatan Fungsional Pengawas sekolah, Info Dunia Edukasi membagikan beberapa contoh soal yang sekira termasuk soal SJT:

1. Di sebuah sekolah ada seorang guru yang jarang hadir, tidak mempunyai perangkat pembelajaran yang lengkap, dan sering marah-marah kepada siswa. Tindakan yang tepat dilakukan oleh pengawas sekolah untuk membantu kepala sekolah mengatasi hal tersebut adalah … 

A.  pengawas sekolah mengumpulkan data guru tersebut dari kepala sekolah dan guru lainnya.

B.  pengawas sekolah memberi saran kepada kepala sekolah agar guru melakukan evaluasi diri.

C.  pengawas sekolah bersama kepala sekolah melaksanakan kunjungan kelas ketika guru itu sedang mengajar.

D.  pengawas sekolah bersama kepala sekolah mengadakan percakapan dengan guru tersebut di ruang kepala sekolah.

2. Seorang pengawas sekolah mengecek perangkat pembelajaran guru di suatu sekolah, ternyata hampir semua guru tidak mempunyai perangkat pembelajaran yang lengkap, kecuali daftar nilai siswa. Ketika pengawas sekolah bertanya kepada salah seorang guru tentang kegiatan supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah atau guru senior, guru tersebut menjawab bahwa kepala sekolah hanya menyodorkan format penilaian supervisi untuk diisi sendiri sesuai dengan penilaiannya sendiri. Sehubungan dengan kasus tersebut, kegiatan utama yang perlu dilakukan pengawas sekolah dalam mengatasi kasus tersebut adalah . . . .

A.  sosialisasi supervisi kunjungan kelas

B.  sosialisasi perangkat pembelajaran guru

C.  membina kepala sekolah dan guru senior dalam melaksanakan supervisi

D.  membina kepala sekolah dalam merencanakan kegiatan supervisi kunjungan

3. Pada sebuah sekolah, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang digunakan mengadopsi dari sekolah lain. Kepala sekolah hanya mengubah identitas sekolah saja. Sedangkan isi kurikulum yang terdiri atas struktur program, pengembangan diri, kriteria ketentuan minimal (KKM), kalender pendidikan dan lainnya persis sama. Anehnya, pada tataran penerapannya ada beberapa kegiatan yang tidak dilakukan sesuai dengan KTSP yang telah ditetapkan. Kegiatan utama yang harus dilakukan oleh pengawas sekolah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah . . . .

A.  mengadakan pembinaan penyusunan KKM

B.  melaksanakan pendampingan penyusunan kurikulum sekolah

C.  mengadakan pendampingan implementasi kurikulum sekolah

D.  melaksanakan pendampingan penerapan kurikulum sekolah

4. Berdasarkan identifikasi terhadap sekolah binaannya, diperoleh hasil bahwa sebuah sekolah sudah memiliki alat praktik IPA yang lengkap. Namun guru lebih senang mengajar menggunakan metode ceramah dengan menunjukan alat yang dimiliki sekolah sebagai alat peraga. Setelah ditanyakan kepada guru yang bersangkutan jawabnya, sebagian alat sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Manakah jenis-jenis kegiatan yang paling baik harus direncanakan untuk mengatasi masalah tersebut?

A.  Sosialisasi penggunaan alat peraga.

B.  Membimbing guru untuk memperbaiki alat yang rusak. 

C.  Memberi contoh guru tentang penggunaan alat praktik yang dimiliki sekolah.

D.  Membina guru tentang pembelajaran aktif dengan menggunakan alat praktik yang dimiliki sekolah.

5. Di sebuah sekolah, siswa memperoleh pengalaman belajar dari buku teks, studi kepustakaan, dan praktik di laboratorium. Untuk memperbaiki hal tersebut, pengawas sekolah melakukan supervisi akademik. Tujuan utama dari kegiatan supervisi akademik tersebut adalah . . . .

A.  siswa dapat memperoleh pengalaman belajar dari berbagai sumber yang lebih bervariasi 

B. siswa dapat memanfaatkan buku teks sebagai sumber belajar yang lebih efektif

C.  pemberdayaan perpustakaan sebagai sumber belajar menjadi lebih besar

D.  guru telah termotivasi untuk memanfaatkan sumber belajar

6. Hasil supervisi pengawas sekolah terhadap seorang guru dapat disimpulkan: 1) Guru sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai RPP yang disusun; 2) Guru sudah melakukan penilaian proses sesuai dengan alat evaluasi pada RPP; 3) Guru sudah melakukan ulangan harian; 4) guru sudah melakukan analisis hasil evaluasi. Namun, dari hasil analisis masih banyak siswa yang tidak tuntas. Dari kondisi tersebut, pengawas sekolah ingin melakukan supervisi akademik terhadap guru tersebut dalam melaksanakan kegiatan remidial, tujuan utamanya adalah . . . .

A. Guru menyusun kegiatan pembelajaran yang lebih baik 

B. Guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

C.  Guru menyusun soal yang lebih mudah dengan indikator yang sama

D.  Guru menetapkan indikator baru dengan tingkat kesukaran yang lebih rendah

7. Seorang guru selalu dapat menyampaikan materi  pembelajaran sampai tuntas dan tepat waktu, menggunakan metode pembelajaran yang variatif, bisa menciptakan pembelajaran aktif dan gaya mengajarnya sangat disukai oleh para siswa. Namun hasil ulangan harian yang dilakukan 30% siswanya tidak tuntas. Jika pengawas sekolah akan melakukan supervisi berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka tujuan yang terbaik adalah . . . .

A. Memeriksa daya pembeda dari soal yang digunakan 

B.  Mencari kesesuaian antara soal dengan indikatornya

C. Memeriksa tingkat kesukaran soal yang digunakan

D. Mencari akar penyebab siswa menjawab salah

8. Hasil pemeriksaan silabus dan RPP di suatu sekolah menunjukan bahwa 80% guru belum menyusun silabus dan RPP sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk memecahkan masalah tersebut pengawas mulai menyusun RPA pada aspek/masalah pembinaan penyusunan silabus dan RPP dengan tujuan memberikan bimbingan/arahan/contoh merevisi/membuat silabus dan RPP melalui MGMP sekolah. Indikator yang paling sesuai untuk RPA ini adalah ….

A.  Guru mempunyai kemampuan dalam menyusun silabus

B.  Guru-guru memiliki silabus dan RPP sesuai rambu-rambu

C.  Semua guru menyusun silabus dan RPP sendiri

D.  Guru-guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusun

9. Di suatu sekolah diketahui bahwa pada umumnya guru belum melaksanakan pembelajaran secara kontekstual. Untuk itu, perlu disusun RKA guna mengatasi permasalahan tersebut. Komponen dan isi dari RKA yang paling sesuai adalah . . . .

A.  Aspek/masalah : pelaksanaan pembelajaran konstektual

B.  Tujuan : memahami pendekatan pembelajaran konstekstual

C.  Indikator : guru melaksanakan pembelajaran secara konstekstual

D. Strategi/metode kerja/teknik supervisi : memantau kegiatan proses belajar mengajar

10. Pada suatu sekolah tidak ada guru yang melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengawas ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan menyusun RKA sekolah terlebih dahulu. Dalam menyusun RKA komponen dan isi yang paling sesuai adalah . . . .

A.  Aspek : penelitian tindakan kelas

B.  Indikator : para guru mampu melakukan PTK 

C.  Tujuan : membimbing guru dalam melaksanakan PTK

D.  Rencana tindak lanjut : menentukan masalah yang akan dijadikan bahan PTK

11. Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah mengakibatkan terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, psikomotor, serta life skill. Hal yang perlu disampaikan pengawas sekolah dalam mengubah pandangan guru terhadap hal tersebut adalah ….

A.  Pendidikan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis

B.  Pendidikan mendorong perkembangan kognisi, afeksi, dan keterampilan motorik

C.  Pendidikan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari

D.  Pendidikan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif.

12. Salah satu tugas guru dalam kegiatan pembelajaran adalah menanamkan konsep mata pelajaran yang diampu kedalam pikiran siswa. Dalam melaksanakan supervisi, pengawas menemukan fakta bahwa guru menyampaikan konsep salah dari mata pelajaran yang diampunya. Manakah kegiatan yang pertama kali harus dilakukan oleh pengawas tersebut?

A.  Menunjukkan kesalahan konsep yang diberikan guru pada kegiatan tindak lanjut

B.   Mengajak guru untuk melihat konsep yang benar dari materi yang diajarkan 

C.  Langsung meluruskan kesalahan yang dilakukan oleh guru di dalam kelas

D.  Pengawas minta waktu kepada guru untuk meluruskan konsep salah

13. Seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menerapkan metode diskusi kelompok. Pembelajaran berlangsung aktif dan menyenangkan hingga waktu belajar berakhir. Setelah waktunya habis, guru baru sampai pada pemahaman konsep. Bagaimanakah pengawas sekolah melatih guru agar pelajaran bisa sampai pada penggunaan konsep tersebut?

A.  Mengelola waktu pelaksanaan diskusi.

B.  Memanfaatkan kegiatan penugasan terstruktur.

C.  Menambah alokasi waktu untuk materi tersebut.

D.  Memilih metode yang tidak banyak memakan waktu.

14. Dalam melaksanakan pembelajaran guru sering hanya mementingkan penanaman konsep dan kurang memperhatikan penerapan konsep. Cara terbaik untuk melatih guru agar selalu menerapkan konsep mata pelajaran terutama dalam memecahkan masalah adalah . . . .

A.  Memasukan kegiatan penerapan konsep dalam kegiatan inti 

B.  Memasukan kegiatan penerapan konsep dalam kegiatan penugasan

C.  Menyiapkan masalah-masalah aplikatif untuk pengembangan dalam kegiatan inti

D.  Menyiapkan masalah-masalah aplikatif untuk pengembangan dalam kegiatan penugasan

15. Salah satu kegiatan pengawas sekolah dalam melakukan pembinaan guru adalah mengadakan In House Training (IHT). Pada pelaksanaan IHT teori pembelajaran yang digunakan oleh pengawas untuk menyampaikan materi adalah implementasikan dari teori piaget. Hal paling pokok yang harus diperhatikan dalam penggunaan teori pembelajaran tersebut adalah . . .

A.  Mengutamakan peran guru dalam berinisiatif sendiri dan terlibat aktif dalam pembelajaran.

B.   Memahami adanya perbedaan individual sehingga kegiatan pembelajaran diatur dalam kelompok kecil.

C.  Peran pengawas sekolah sebagai seorang yang mempersiapkan lingkungan belajar.

D.  Menciptakan kondisi  yang memungkinkan  guru dapat memperoleh pengalaman yang luas.

16. Hampir semua guru mengalami bahwa suatu materi telah diajarkan dengan sejelas-jelasnya. Namun masih ada sebagian siswa yang belum mengerti materi yang diajarkan sama sekali. Dalam teori belajar konstruktivisme para siswa akan betul-betul memahami suatu materi yang diajarkan apabila . . . .

A.  Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran aktif

B.  Diberi tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.

C.  Ada usaha yang keras dari para siswa sendiri untuk menguasai materi pembelajaran 

D. Ada usaha keras seorang guru untuk menampilkan kegiatan pembelajaran yang terbaik

17. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa mengeluh karena mereka tidak dapat menerima penjelasan guru dengan baik. Hal tersebut disebabkan karena guru tidak memberikan catatan di papan tulis maupun memanfaatkan media dan alat peraga sesuai dengan materi yang diberikan. Hampir semua siswa mengeluhkan hal yang sama. Berdasarkan situasi tersebut, jika guru akan menilai konsep yang memiliki cakupan luas dan aspek penilaian yang harus diperhatikan sesuai dengan karakteristik siswa, maka kecenderungan yang dimiliki siswa adalah . . . .

A.  Tektif 

B. Auditif

C.  Visual

D.  Gustative

18. Sesuai karakteristik siswa SD, bahwa penggunaan bahasa harus efektif dan mudah dimengerti, maka dengan mengajarkan KD “Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru” saran pengawas tentang aspek yang penting dinilai guru kalimat harus . . . .

A.  Menggunakan kata-kata baru

B.  Rapi dan ejaan harus benar

C.  Mengikuti pola SPOK

D.  Singkat dan bermakna

19. Seorang guru menemui kesulitan dalam menentukan aspek-aspek yang perlu dinilai terkait dengan karakteristik anak didiknya, untuk itu pengawas perlu membimbing guru dalam . . . .

A.  Memanfaatkan media lingkungan secara optimal

B.  Mengenali ciri-ciri perkembangan anak didiknya 

C.  Melakukan pengecekan agar semua kelas homogen 

D.  Memfasilitasi anak didiknya dengan permainan edukatif

20. Hal yang perlu disampaikan oleh pengawas ketika membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek penting yang perlu dinilai terkait dengan karakteristik siswa adalah . . . .

A.  Ciri-ciri perkembangan peserta didik 

B.  Tingkat kompleksitas, intake, dan daya dukung

C.  Peran faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pencapaian siswa

D. Visi dan misi, dan harapan sekolah terkait prestasi peserta didik

21. Hasil supervisi akademik terhadap sejumlah guru ditemukan bahwa sebagian besar guru tidak menggunakan media/alat pembelajaran. Hasil wawancara terhadap guru menunjukan bahwa sebagian besar guru belum menggunakan media. Hal ini disebabkan beberapa hal, yaitu keterampilan guru yang kurang, kemampuan guru yang rendah, dan motivasi/inovasi guru yang rendah dalam penggunaan media pendidikan. Hasil analisis terhadap hasil belajar mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai KKM. Berdasarkan kasus ini, topik yang paling cocok untuk mendukung kemampuan guru/kepala sekolah dalam melakukan penelitian kuantitatif bidang pendidikan adalah sebagai berikut . . . .

A. Pengaruh inovasi media pembelajaran terhadap peningkatan keterampilan mengajar guru 

B.  Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi mengajar guru

C.  Pengaruh penggunaan jenis media pembelajaran terhadap kinerja guru 

D.  Pengaruh penggunaan media interaktif terhadap hasil belajar siswa

22. Seorang guru kebingungan dalam menetapkan metode/pendekatan penelitian kualitatif yang dilakukannya, khususnya dalam menetapkan metode. Sebagai seorang pengawas, apa yang harus dijelaskan kepada guru tersebut mengenai setting metodenya . . . .

A.  Dilakukan pada kondisi alamiah, langsung ke sumber data dan penelitian adalah instrumen kunci, data berbentuk angka-angka, dan analisis data secara sistematis

B. Dilakukan pada kondisi terkontrol, langsung ke sumber data dan pengambilan data dapat dilakukan orang lain, data terbentuk kata-kata/gambar, dan menekankan pada generalisasi

C. Dilakukan pada kondisi terkontrol, langsung ke sumber data dan penelitian adalah instrumen kunci, data berbentuk angka-angka, dan menekankan makna data dibalik yang teramati

D. Dilakukan pada kondisi alamiah, langsung ke sumber data dan peneliti adalah instrumen kunci, data berbentuk kata-kata/gambar, dan menekankan makna data yang teramati

23. Secara umum penelitian bidang pendidikan dapat dibedakan menjadi penelitian kualitatif dan kuanlitatif. Topik yang paling cocok untuk membantu kemampuan guru/kepala sekolah melakukan penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan adalah . . . .

A.  Studi deskriptif tentang peranan sertifikasi melalui PLPG terhadap kinerja mengajar guru

B.  Hubungan gaya mengajar terhadap prestasi belajar siswa

C.  Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru

D.  Studi evaluasi kemampuan guru menerapkan penelitian berbasis kelas.

24. Seorang guru ingin melakukan suatu penelitian pembelajaran dengan melibatkan dua kelas setara yang dipilih secara acak, kemudian diberi perlakuan dengan metode pembelajaran yang mempertimbangkan tingkat IQ. Satu kelas diberi metode inquiri dan kelas yang kedua dengan metode ceramah. Efektivitas dari metode pembelajaran tersebut diukur hasilnya melalui post test. Berdasarkan kondisi ini, jenis penelitian pembelajaran yang paling tepat untuk direkomendasikan pada guru tersebut adalah . . . .

A.  Penelitian eksperimen

B.  Penelitian ekspos-facto

C.  Penelitian pengembangan

D.  Penelitian tindakan kelas

25. Seorang pengawas melakukan penelitian dengan judul “Studi kepengawasan sekolah melaksanakan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”. Hasil penelitian tersebut melaporkan beberapa temuan sebagai berikut:

1)  KTSP tidak disusun oleh sekolah mandiri

2)  Warga sekolah sebagian tidak memahami KTSP

3)  Guru tidak menyusun rencana program pembelajaran

4)  KTSP tidak sesuai dengan sarana dan prasarana yang dimiliki

5)  Sekolah mengutamakan penambahan jam pelajaran yang di UAS-kan

6)  Jumlah jam permata pelajaran berkurang

7)  Jumlah buku penunjung sangat kurang, khususnya muatan lokal

8)  Institusi terkait tidak dilibatkan dalam penyusunan KTSP 

Sebagai pengawas, manakah strategi pemecahan masalah yang paling tepat yang harus dilakukan . . . 

A.  Mengadakan diklat penyusunan KTSP dengan mengundang narasumber yang relevan

B. Memanfaatkan MGMP/KKG untuk bersama-sama menyusun materi pembelajaran yang standar

C.  Setiap guru diwajibkan membuat rencana program pembelajaran disesuaikan dengan KTSP/silabus

D. Penyusunan KTSP dengan mata diklat produktif harus melibatkan institusi pasangan DII/DI yang relevan.

26. Seorang kepala sekolah SMPN X mempunyai banyak permasalahan dalam mengelola pendidikan di sekolahnya, diantara permasalahan tersebut adalah . . . .

1)  Guru kurang mampu melakukan penelitian tindakan kelas

2)  Kemampuan guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran rendah

3)  Guru kurang dapat melakukan asesmen 

Dari ketiga permasahan tersebut, jika guru menanyakan prioritas penyelesaian masalah yang paling tepat, maka urutan rinciannya adalah . . . .

A.  2, 1, 3

B.  3, 1, 2

C.  2, 3, 1

D.  3, 2, 1

BACA JUGA: BUKU PANDUAN KERJA PENGAWAS SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Demikian contoh soal Uji Kompetensi Pengawas Sekolah tahun 2023 yang dapat Info Dunia Edukasi bagikan. Jika sahabat mempunyai jawaban lain, dapat mengetikkan di kolom komentar.

Sumber Soal

I Wayan Ardika
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

19 komentar untuk "CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH TAHUN 2023"

  1. Klo bisa berbagi knp tidak?? Trimksh pak Ardika

    BalasHapus
  2. trima kasih banyak pak, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. Trimakasih pak atas latihan soalnya. Semoga dengan latihan soal ini kami bisa lulus tes. Aamiin

    BalasHapus
  4. Mantap, jika masih ada soalnya, bisa disertakan lagi supaya jumlahnya sesuai soal ukom sesungguhnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal ini hanya contoh saja kawan, soal sesungguhnya tentu tidak boleh dipublikasikan, semoga bermanfaat

      Hapus
  5. Terimakasih. Semangat belajar dan berbagi

    BalasHapus
  6. terimakasih berbagi latihan soal nya, barokallah

    BalasHapus
  7. Terima kasih Pak. Semoga Allah membalas kebaikan Bapak.

    BalasHapus

Mohon berkomentar dengan menggunakan akun google. Komentar yang Anonim akan kami hapus, karena kami anggap Spam. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa ikuti Info Dunia Edukasi untuk mendapat update terbaru.